Kompas TV regional jawa timur

Catat! Kawasan Gunung Bromo Ditutup 21-24 Juni 2024, Ada Ritual Yadnya Kasada dan Pembersihan

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 08:49 WIB
catat-kawasan-gunung-bromo-ditutup-21-24-juni-2024-ada-ritual-yadnya-kasada-dan-pembersihan
Foto arsip. Kawasan wisata Gunung Bromo di Jawa Timur akan ditutup selama empat hari, mulai dari 21-24 Juni 2024. (Sumber: Antara)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kawasan wisata Gunung Bromo di Jawa Timur akan ditutup selama empat hari pada 21-24 Juni 2024.

Informasi ini disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Septi Eka Wardhani.

"Kawasan taman nasional ditutup pada 21 Juni pukul 00.00 WIB, hingga 24 Juni 2024 pukul 24.00 WIB," kata Septi, Senin (17/6/2024).

Menurut penjelasannya, penutupan dilakukan dalam rangka ritual Yadnya Kasada dan pemulihan ekosistem serta pembersihan kawasan.

Keputusan itu terkait dengan Surat Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pasuruan Nomor 03/PDP/06/2024 tanggal 4 Juni 2024 perihal Upacara Ritual Yadnya Kasada.

Septi menyampaikan, penutupan untuk peringatan Yadnya Kasada dilakukan pada 21-22 Juni 2024.

Pada tanggal tersebut kawasan hanya terbuka bagi masyarakat yang akan mengikuti ritual, beridentitas sesuai dengan ketentuan yang tertulis pada surat edaran PHDI Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Libur Idul Adha, Wisata Lembang dan Kebun Binatang Surabaya Jadi Destinasi Favorit Warga

Kemudian pada 23-24 Juni, kawasan hanya dibuka untuk masyarakat dan petugas yang berkepentingan dalam melakukan pembersihan kawasan. 

"Masyarakat, pengunjung, pelaku jasa wisata dan pihak terkait untuk memperhatikan informasi tersebut dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," ujarnya, dikutip dari Antara.

Ia mengatakan penutupan akses ke kawasan wisata Gunung Bromo dari wilayah Kabupaten Probolinggo dilakukan dari pintu masuk Cemorolawang.

Kemudian untuk yang dari arah Kabupaten Pasuruan, akses ditutup dari wilayah Dingklik.

Sementara untuk pintu masuk dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, ditutup di wilayah Jemplang, Kabupaten Malang.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Investor Kembangkan Pariwisata Indonesia


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x