Kompas TV regional jawa barat

Warga Garut Terkena Ledakan Usai Bongkar Granat dan Cicipi Bubuk Putih di dalamnya: Saya Kira Terigu

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 13:39 WIB
warga-garut-terkena-ledakan-usai-bongkar-granat-dan-cicipi-bubuk-putih-di-dalamnya-saya-kira-terigu
Ayi Setiawan (kiri), pria Garut yang menemukan granat lalu terluka akibat ledakan usai membongkarnya. (Sumber: Tribun Jabar)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

GARUT, KOMPAS.TV - Seorang warga Garut bernama Ayi Setiawan (46) dan tiga tetangganya terluka akibat ledakan granat latih di Desa Cisero, Kecamatan Cisurupan, Senin (24/6/2024). Ayi mengaku granat itu meledak usai isinya dibongkar.

Ayi nekat membongkar granat latih tersebut karena mengira hanya mainan anak-anak. Bahkan, Ayi mengaku sempat mencicipi bubuk yang berada di dalam granat tersebut.

"Awalnya saya menemukan sepatu berdebu, saya ambil karena butuh buat ngojek. Ketika dibersihkan, ada sesuatu di dalamnya, 'Aduh, ini mah bom-boman (bom mainan),'" kata Ayi.

Baca Juga: Bocah di Sumut Temukan 2 Granat saat Cari Ikan, Diduga Peninggalan Perang Dunia II

Ayi kemudian membawa granat ke bawah pohon pisang yang tidak jauh dari rumahnya. Di lokasi tersebut, Ayi mengaku granat dalam kondisi terbuka.

Ayi kemudian mengeluarkan isi granat, lalu meninggalkan lokasi karena ada panggilan mengojek mengantarkan penumpang ke pasar.

"Pulang dari pasar, saya penasaran, kembali ke tempat tadi. Saya kemudian melepaskan bagian (granat) itu lalu disimpan," kata Ayi dikutip Kompas.com, Selasa (25/6).

"Saya lihat-lihat, kemudain meledak, saya kaget lalu gelap. Bahkan sebelumnya, saya sempat cicipi itu yang putihnya, saya kira terigu."

Akibat ledakan granat latih, Ayi mengalami luka robek di jari tangan kiri serta luka akibta percikan di kaki dan badan. Tetangga Ayi, ADIH (53), Mulayana Yusuf (3), dan Riasa Fitri (6) juga mengalami luka-luka.

Keempat korban luka dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan. Namun, karena kondisi memburuk, mereka dirujuk ke RSUD dr. Slamet.

Kapolsek Cisurupan Iptu Asep Saepudin menuturkan bahwa TNI-Polri saat ini tengah menelusuri pemilik granat di dalam sepatu yang ditemukan Ayi. 

Iptu Asep pun mengingatkan kejadian ini agar menjadi pelajaran bagi warga. Asep meminta warga segera melapor ke pihak berwenang jika menemukan benda-benda mencurigakan yang kemungkinan berbahaya.

"Kami harap warga lebih wasapda jika menemukan benda-benda berbahaya dan segera lapor ke pihak kepolisian," katanya.

Baca Juga: Warga di Ciputat Gerebek Rumah Dukun, Temukan 2 Senpi dan 1 Granat, Tim Gegana Diturunkan


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x