Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sempat Kesulitan, Petugas Damkar Rembang Melepas Cincin dari Kaki Burung

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 10:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Mahmudi, warga asal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mendatangi kantor pemadam kebakaran dengan membawa seekor burung perkutut. Ia meminta pertolongan untuk melepaskan cincin yang mengikat di kaki burung perkutut miliknya.

Dalam upaya pelepasan, petugas damkar rembang sempat terkendala oleh kerasnya material cincin yang terbuat dari monel. Setelah berjuang selama 30 menit, petugas berhasil melepas cincin itu dengan memotongnya menggunakan gerinda mini.

“Damkar Rembang melepas cincin di kaki burung ini mungkin sebagai identitas burung. Ini karena cincinnya terbuat dari monel memang agak keras dan kebetulan kakinya burung ini tergolong kecil ya, dan kulitnya burung ini tipis, jadi kita harus pake media yang basah biar nggak panas dan mengenai kulitnya dan berefek ke tulang kakinya,” jelas Sarpani, Komandan Regu Damkar Rembang.


Pemilik burung perkutut berterima kasih atas upaya petugas melepas cincin di kaki burung perkutut miliknya.

“Pas burungnya keluar dari pohon lah itu saya kasih ring untuk identitas. Terus ini kakinya bengkak,” ucap Mahmudi, pemilik burung.

Selanjutnya agar kaki burung tidak mengalami luka, petugas juga mengompresnya menggunakan air es. Evakuasi cincin di kaki burung ini merupakan sesuatu hal baru dan pertama kali dilakukan petugas karena biasanya petugas melepaskan cincin di jari manusia.

#cincin #tersengkut #damkar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x