Kompas TV regional sumatra

Dihantam Ombak, Kapal Wisatawan Terbalik

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 17:46 WIB
Penulis : KompasTV Medan

TAPTENG, KOMPAS.TV - Dua unit kapal speedboat jenis Dolphin terbalik di perairan pulau Situngkus Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Kapal pengangkut 32 wisatawan ini dihantam ombak dan menewaskan 3 penumpang. Minggu (30/6/24).

Kapal wisatawan ini terbalik di perairan antara pulau Situngkus dan pulau Mursala, tim basarnas mengarahkan personil pos SAR Sibolga bersama SAR gabungan lainnya yakni personel Polairud Sibolga personel TNI AL serta sejumlah keluarga korban.

Kepala kantor Basarnas Nias Putu Arga Sujarwadi mengatakan informasi diterima pukul 10.30 Wib kapal berangkat dari bibir pantai Bosur Pandan membawa wisatawan menuju ke pulau Mursala namun dalam perjalanan satu boat mengalami kendala masuk air diduga over kapasitas. 

Sedangkan kapal wisatawan bertujuan ke pulau Kalimantung juga tiba tiba dihantam ombak besar dan terbalik disekitar pulau Situngkus dan pulau Mursala. Pemilik boat kemudian berkoordinasi dengan pos SAR Sibolga untuk minta pertolongan.

  Saat pencarian kapal KN SAR Nakula 230 serta kapal RIB 02 milik Basarnas Nias menemukan seluruh penumpang dua kapal tersebut. Jumlahnya sebanyak 62 orang.

Korban selamat 59 orang, dan korban meninggal dunia sebanyak 3 orang sudah berhasil dievakuasi ke pantai Bosur Pandan. (#)

#sumut #wisata #kapal #pulaumursala #tapanulitengah



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x