Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Ketua DPC Gerindra Klaim 6 Parpol Sepakat Usung Mangkunegara X di Pilkada Solo

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 17:11 WIB
ketua-dpc-gerindra-klaim-6-parpol-sepakat-usung-mangkunegara-x-di-pilkada-solo
Ilustrasi pemilu. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV – Sebanyak enam partai politik (parpol) di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng)  sepakat mengusung Mangkunegara X di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2024 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua DPC Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Solo, Ardianto Kuswinarno, Selasa (2/7/2024).

Menurt Ardianto, keenam parpol tersebut adalah Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Golkar.

"Memang inisiatif saya untuk mengusung beliau (Mangkunegara X). Tapi sekali lagi teman-teman semuanya, teman (enam) parpol sudah ada pemahaman frekuensinya,” jelasnya, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: 6 Parpol Bergabung Lawan PDI-P di Pilkada Kota Solo, Diinisiasi PSI

“Jadi Insyaalah untuk ke depan lebih bagus," tambahnya.

Ardianto menambahkan, dirinya bertugas mengajak parpol di Solo untuk berkoalisi melawan PDI-P di Pilkada 2024.

Mengenai komunikasi dengan Mangkunegara X untuk maju Pilkada Solo 2024, ia menyebut sudah ada yang ditugaskan untuk hal tersebut.

"Sementara tugas saya mengajak non PDI-P untuk melawan PDI-P. Jadi tugas saya hanya merangkul parpol seluruhnya. Tugas untuk yang ke beliau Gusti Bhre (nama kecil Mangkunegara X) itu sudah ada sendiri," tuturnya.

"Kami, saya sendiri sudah sounding-sounding cuman secara resminya belum. Tinggal menunggu momennya saja," tambahnya.

Ia kemudian menjelaskan sejumah alasan dan pertimbangan untuk mengusung Mangkunegara X di Pilkada Solo 2024.

"Beliau orang yang sangat bijak. Dua anak muda pintar dan energik. Ketiga, jawani, yang keempat dia itu sangat merakyat di hati masyarakat Solo,” imbuhnya.

“Seorang raja berdarah biru tapi cara bergaulnya itu bermasyarakat sekali. Jadi saya tertarik dengan beliau dari awal," ucapnya.

Mangkunegara X, kata Ardianto, bisa mendaftar melalui DPD Gerindra Jateng maupun DPP untuk maju Pilkada Solo 2024. Sebab, pendaftaran melalui desk Pilkada DPC Gerindra Solo sudah ditutup.

Hingga kini, sudah ada empat bakal calon yang mendaftar melalui DPC Gerindra Solo dan melakukan presentasi ke DPD Gerindra Jateng, serta diserahkan ke DPP.

"Nanti ketika DPP mau memutuskan saya selaku Ketua DPC diminta untuk ke sana dimintai pertimbangan. Termasuk mungkin Gusti Bhre. Di DPC sudah tutup tanggal 9 kemarin. Beliau bisa daftar ke mana? Ke DPD maupun DPP masih terbuka," bebernya.

Baca Juga: PKB Belum Berniat Dekati Sandiaga untuk Pilkada Jawa Timur, Masih Bekerja untuk Kiai Marzuki

Terpisah, Sekretaris DPD II Partai Golkar Solo, Taufiqurrahman menyebut di internal mereka belum membicarakan pengusungan Mangkunegara X dan masih menunggu keputusan DPP.

"Kalau di internal Golkar belum berbicara itu. Karena Golkar masih menunggu keputusan dari DPP. Kami tetap mengusung Mbak Sekar (Tandjung) sebagai AD 1," kata Taufiq.



Sumber : kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x