Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jumlah Penduduk Miskin di Jateng Turun 87 Ribu Orang

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 09:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Upaya Pemprov Jawa Tengah menekan angka kemiskinan selama satu tahun terakhir menunjukkan hasil positif, Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng mencatat persentase penduduk miskin di Jateng mengalami penurunan sebesar 0,30 persen. Hingga Maret 2024 jumlah penduduk miskin di Jawa Tengah tercatat sebanyak 3,70 juta orang, turun sebanyak 87,20 ribu orang dibandingkan Maret 2023 yang mencapai 3,79 juta orang.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah Dadang Hardiwan mengatakan yang mengalami penurunan bukan hanya persentase angka kemiskinan, namun juga indeks kedalaman kemiskinan. Persentase penurunan kemiskinan tidak hanya terjadi di perkotaan, namun juga di daerah pedesaan. Dadang mencatat ada fenomena sosial yang memengaruhi penurunan kemiskinan di Jateng yakni penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Nilai Tukar Petani (NTP) meningkat dan penurunan inflasi dari tahun ke tahun.

"Untuk kondisi presentase kemiskinan pada Maret 2024 in itercatat sebesar 10,47 persen artinya turun sebesar 0,30 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat 10,77 persen. Presentase penurunan ini terjadi baik itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan," jelas Dadang Hardiwan.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pun mengapresiasi kerja keras semua pihak untuk mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah. Nana menegaskan upaya penanganan kemiskinan tidak dapat dilakukan sendiri oleh pemerintah. Untuk itu Pj Gubernur Jateng tersebut mengajak semua pihak untuk meningkatkan program penanganan kemiskinan yang dinilai tepat dan efektif. Seperti menjaga stabilitas harga pangan, mengawal investasi, dan meningkatkan pendidikan vokasi dan meminta agar bantuan yang diberikan kepada warga miskin tepat sasaran.

"Memang kami dalam hal ini juga membantu masyarakat membantu dari bantuan sosial, ini memang kita lakukan  untuk membantu masyarakat khususnya masyarakat miskin apalagi yang kemiskinan ekstrim. Jadi kami pun harus betul-betul tepat sasaran," tutur Nana Sudjana, Pj Gubernur Jawa Tengah.    

Nana juga meminta agar program-program yang berhasil mengentaskan kemiskinan bisa terus berinovasi dan menjaga agar ekonomi tetap tumbuh dengan menciptakan iklim ekonomi yang baik.

#jateng #kemiskinan #pendudukmiskin

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x