Kompas TV regional jawa tengah dan diy

4 Pelajar Asal Banyumas Diterima di Belasan Universitas Top Dunia

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 10:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Sebanyak empat remaja asal Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menorehkan prestasi membanggakan dengan lolos program Beasiswa Indonesia Maju dan diterima di belasan universitas top dunia.

Anak-anak yang membanggakan itu baru saja lulus SMA dan lolos program Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Para remaja berprestasi ini, diterima di sejumlah universitas top dunia dan akan berangkat ke negara tujuan masing-masing pada Agustus nanti. Keempatnya menemui Penjabat Bupati Banyumas, untuk berpamitan.


Keempat remaja itu adalah Alivia Rahma Azahra, yang diterima di 12 kampus di sejumlah negara. Ia pun memilih Universty of California Barkeley, Amerika Serikat, jurusan mechanical engineering.

Kemudian Naja Andria, diterima di 13 kampus dan mengambil Nanyang Technological University Singapura jurusan tekhnik biologi. Lalu Nadine Putri Nugroho, diterima di 10 universitas dan memilih mengambil University of Texas at Austin jurusan teknik perminyakan.

Yang terakhir Musa Ibrahim, memilih The University of Sydney pada jurusan teknik sipil. Ia juga diterima di empat kampus luar negeri lainnya, tetapi memutuskan untuk memilih kuliah di Sydney Australia.


“Saya awalnya ditolak di SMA di Purwokerto dan menjadi peringkat keempat terbawah dari 73 siswa di SMAN 3 Purwokerto. Dari situ, saya balas dendam dengan bangun pukul tiga pagi untuk belajar dan mengikuti pelajaran dengan sungguh-sungguh. Berkat dukungan orangtua, saya diterima seleksi dan mengikuti pelatihan di Bali dan Jakarta, mengikuti Summer Program di China selama 2 tahun. Alhamdulilah ini kuliah gratis selama empat tahun,” tutur Alivia Rahma Azahra.

“Saya tidak menyangka akan diterima di universitas sebanyak itu, apalagi universitas luar negeri kan saingannya seluruh dunia. Yang penting saya kerja keras di awal, masalah hasil nanti, yang penting di maksimalkan dan disiapkan semua persayaratannya seperti nilai rapot, prestasi, keaktifan organisasi dan mengikuti kesempatan yang diberikan selama pembinaan seperti Summer Program,” ucap Nadine Putri Nugroho.

Saat momen berpamitan kepada Penjabat Bupati Banyumas, keempat remaja menceritakan pola belajar mereka dan pentingnya berorganisasi selama di jenjang SMA.

“Ini tentunya membanggakan sekali bagi pemerintah daerah. Tadi kita bicara banyak mengenai kiat-kiat menjadi berprestasi dan hebat. Mudah-mudahan mereka menginspirasi bagi anak-anak di Banyumas untuk seperti mereka dan menyusul belajar di negara-negara lain,” kata Hanung Cahyo Saputro, Pj Bupati Banyumas.

Keempat remaja tersebut mengaku siap untuk tinggal di luar negeri, belajar dengan tekun dan akan kembali membangun negeri.

#banyumas #beasiswaindonesiamaju #pelajarbanyumas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x