Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Penukaran Mata Uang Riyal ke Rupiah Diserbu Jemaah Haji

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 09:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BOYOLALI, KOMPAS.TV - Dalam sehari, penukaran mata uang riyal dari jemaah haji bisa mencapai puluhan juta rupiah. Pasalnya setiap jemaah haji rata-rata bisa menukarkan senilai puluhan hingga 500 riyal lebih. Untuk satu riyalnya dihargai Rp 4.000. Lapak jasa penukaran uang riyal di Asrama Haji Donohudan dibuka karena jasa penukaran uang riyal di daerah masing-masing jemaah haji belum tentu ada dan mudah ditemukan.

"Kita kan di sini ada pemulangan haji, kadang-kadang masih ada yang punya sisa riyal. Daripada di daerah nukar (riyal) juga sulit, jadi kita layani jasa di sini," imbuh Hartini, penyedia jasa penukaran riyal.

Salah satu  jemaah haji, Sri Wahyuni mengatakan ia memilih menukar uang riyal menjadi uang rupiah karena uang riyal sudah tidak berlaku di Indonesia, atau tidak bisa digunakan untuk membeli barang di Indonesia sehingga ia memilih menukarkan uang riyal menjadi rupiah.

"(Kenapa uangnya ditukar di sini?) Habis mau beli apa di sini pakai riyal. Kan gak ada yang bisa dibeli pakai riyal," ujar Sri Wahyuni, jemaah haji.

Jasa penukaran uang riyal ke rupiah di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali beroperasi hingga pemulangan jemaah haji berakhir.

#riyal #jasapenukaranuang #ibadahhaji



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x