Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kasus Piagam Palsu di PPDB Jateng, Pihak Sekolah No Comment

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 10:00 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pihak SMP Negeri 1 Kota Semarang irit bicara menyikapi kasus dugaan piagam palsu yang menyeret nama sekolahnya. Saat ini SMP Negeri 1 Kota Semarang tengah menjadi bahan pembicaraan menyusul terbongkarnya kasus dugaan piagam palsu dalam PPDB SMA 2024 di Jawa Tengah.

SMP negeri yang diduga memalsukan piagam marching band ini adalah SMP Negeri 1 Kota Semarang. Namun saat tim kompas tv berusaha mengkonfirmasi terkait hal ini, pihak sekolah memilih untuk tidak berkomentar. Sambil menunggu proses selanjutnya, pihak sekolah mengaku masih melakukan pemeriksaan terkait hal tersebut.

“Kita no comment aja ya, menunggu proses selanjutnya, kita no comment. Masih dilakukan pengecekan," tutur Natalia Mundayani, Koordinator Administrasi SMP Negeri 1 Kota Semarang.  

Terpisah, salah satu SMA favorit di Kota Semarang yang menjadi tujuan penggunaan piagam palsu ini adalah SMA Negeri 5 Kota Semarang dan pihak sekolah juga membenarkan adanya temuan piagam yang diduga palsu berasal dari SMP Negeri 1 Kota Semarang. Total ada 33 pendaftar yang menggunakan piagam marching band yang diduga bermasalah.

“Itu memang ada dugaan ya, tapi dari sisi kami itu melihat data-data itu terkait dengan juknis saja pada saat itu, kami belum melihat dari sisi mana dan sebagainya. Tapi kita ikuti kebijakan dari dinas saja, kalau memang ada piagam yang tidak sah, mak secara otomatis hal ini akan diatur oleh pusat, kita akan mengikuti. Paling tidak kalau misalnya, ini kan PPDB yang transparan ya, terlihat di aplikasi kalau memang benar-benar menyimpang ya kita ikuti saja. oh anulir, ya kita anulir, misalnya seperti itu. kita ikuti saja aturan yang benar," jelas Sutji Harijanti, Waka Kesiswaan SMA Negeri 5 Kota Semarang       

Jika nanti akhirnya 33 pendaftar bermasalah dianulir, maka kekosongan akan diambilkan dari pendaftar cadangan yang juga melalui jalur prestasi sebab kuota untuk zonasi sudah terpenuhi. Kuota PPDB pada SMA Negeri 5 Kota Semarang ini sebanyak 432 siswa.

#ppdb #piagam #palsu



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x