Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Seru! Superhero Lomba Tangkap Angsa Meriahkan HUT ke-79 RI

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 13:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Beragam cara unik dilakukan untuk ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI).

Salah satunya adalah keseruan saat sejumlah superhero, di antaranya Gatot Kaca, Power Ranger, Spiderman, dan Batman, berlomba menangkap angsa dengan mata tertutup kain merah putih, pada lomba unik tangkap angsa.

Perlombaan berada di markas sukarelawan superhero Sanggar Bhineka di Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 RI, lomba unik digelar juga untuk menghibur anak-anak yatim Covid-19, agar bersuka cita menyambut hari kemerdekaan.

“Pokoknya seru. Termasuk salah satu favorit yang rame juga, seru juga. Kesulitannya pertama takut disosor (angsa). Kedua, karena pakai penutup kepala, gelap, gak keliatan. (Bantuan) ada panduan dari adik-adik, ada yang nyorakin,” ujar Mustofa Abdul Kharim, peserta lomba.

Keseruan juga terjadi saat lomba menggulung stagen di kalangan Generazi Z. Lomba ini tak hanya untuk melestarikan kearifan lokal, namun juga untuk mempekenalkan stagen yang saat ini keberadaanya mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Stagen merupakan alat berbentuk kain panjang yang mirip dengan korset, berguna untuk mengembalikan bentuk perut dan membuatnya terlihat lebih ramping, biasanya digunakan ibu-ibu setelah melahirkan.

“Nggulung stagen itu kita mengajari adik-adik kecil. Walinya anak-anak yatim (di sini) murid kami, melawan superhero yang mewakili Gen Z. Adik-adik juga mewakili Gen Z. Jadi biar mereka tau ada stagen Jawa,” Agus Widanarko, panitia lomba.

Lomba unik tangkap angsa dan menggulung stagen yang digelar sukarelawan berskostum superhero bersama sejumlah anak yatim korban Covid-19 ini, untuk berbagi kebahagiaan dan memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-79 RI.

 

#lombaunik #genz #sukoharjo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x