Kompas TV regional berita daerah

Veteran Pemikul Tandu Jenderal Soedirman Kini Hidup Prihatin

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 14:37 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Inilah Muhamat Amin, seorang veteran yang kini usianya sudah menginjak 114 tahun dan tinggal di Desa Brawijaya Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga: Pakaian Adat dan Bahasa Lampung Warnai Upacara HUT RI

Ia mengisahkan semasa menjadi pasukan jenderal soedirman saat perang gerilya di jaman kolonial belanda.

Meski usianya sudah lebih dari satu abad namun Muhamat Amin masih tampak sehat dan gagah mengenakan pakaian militernya. Ia masih mengingat saat pertama bergabung militer saat usianya 18 tahun dengan bergabung bersama laskar rakyat di Magelang.

Tak hanya itu, Muhamat Amin juga ikut berperang bersama Jenderal Soedirman di Banyuwangi Jawa Tengah hingga ikut memikul tandu sang jenderal.

Namun sayang jasa-jasa Muhamat Amin dalam merebut kemerdekaan indonesia kini seolah terlupakan. Pasalnya ia bersama keluarga harus tinggal di rumah tak layak berdindingkan papan.

Pria kelahiran 1910 ini perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintah lantaran tunjangan veteran dari negara yang diterimanya setiap bulan dinilai  tak akan cukup untuk biaya renovasi rumahnya.

Pihak desa telah 2 kali mengusulkan ke pemerintah untuk program bedah rumah milik veteran Muhamat Amin namun hingga saat ini masih belum ada jawaban pasti.

#veteran #lamtim #muhamatamin




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x