Kompas TV religi beranda islami

Doa Keluar Rumah Ajaran Nabi Muhammad agar Senantiasa Dilindungi dan Rezeki Selalu Mengikuti

Kompas.tv - 17 Februari 2022, 07:44 WIB
doa-keluar-rumah-ajaran-nabi-muhammad-agar-senantiasa-dilindungi-dan-rezeki-selalu-mengikuti
Ilustrasi seorang berjalan melewati pintu. Bacalah doa keluar rumah yang diajarkan Nabi Muhammad ini agar selamat di jalan dan rezeki mengikuti (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Abu Daud disebutkan doa keluar rumah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Membaca doa ini ketika keluar rumah memiliki banyak keutamaan, di antaranya, agar senantiasa dilindungi oleh-Nya, serta mempermudah jalannya rezeki.

Nabi Muhammad dalam riwayat itu dijelaskan kerap membaca doa keluar rumah ini. Beliau membacanya saat hendak keluar rumah.

Hadis ini diriwayatkan oleh Sahabat Anas bin Malik tentang doa keluar rumah yang ketika Anda mengamalkannya, maka seta-setan tidak bisa mengusik dalam perjalanan.

Dari Anas bin Malik, ia mendengar Nabi Muhammad bersabda, "apabila seseorang keluar dari rumahnya lantas membaca 'Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata Lila billaah', maka disampaikan kepadanya, 'kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.' Lantas, setan-setan pun menjauh darinya. Salah satu setan berkata, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu mereka diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi?'." (HR Abu Daud)

Karena setan atau gangguan berpotensi mengikuti kita saat keluar rumah, maka dari itu ada baiknya seorang muslim sering membaca doa keluar rumah dari Nabi Muhammad ini.

Pentingnya adalah, agar selama perjalanan kita bisa selamat dan pulangnya mendapatkan rezeki yang berkah.

Baca Juga: Doa Putri Nabi Muhammad pada Hari Kamis, Bacalah agar Rezeki Mudah dan Hidup Berkah

Doa Keluar Rumah yang Diajarkan Nabi Muhammad

Doa Keluar Rumah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Arab: Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

"Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR Abu Daud).

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dalam setiap perjalanan, dan kita tidak lupa membaca doa keluar rumah yang diajarkan Nabi Muhammad ini. Amin. 

Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x