Kompas TV religi beranda islami

Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Dapat Layanan Fast Track di Asrama Haji dan Bandara

Kompas.tv - 11 Mei 2024, 18:59 WIB
calon-jemaah-haji-kloter-pertama-dapat-layanan-fast-track-di-asrama-haji-dan-bandara
Ilustrasi jemaah calon haji. (Sumber: Garuda Indonesia )
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kloter 1 (JKG-01) jemaah calon haji asal Jakarta Barat tiba di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede, Sabtu (11/5/2024). Kedatangannya ini mengawali Fase Pemberangkatan Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji 1445 H/2024 M di Embarkasi Jakarta Pondok Gede.

“Kloter JKG 01 asal Jakarta Barat ini terdiri dari 393 jemaah,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta Pondok Gede Cecep Khairul Anwar, Sabtu (11/05/2024).

Penyelenggaraan haji tahun ini masih mengusung tema Haji Ramah Lansia. Menurut Cecep yang pula menjabat sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) DKI Jakarta, besarnya jumlah jemaah lansia yang masih mendominasi menjadi perhatian petugas. Pelayanan pun dilakukan dengan “One Stop Service”, diatur dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraaan Haji darun Umrah No 185 tahun 2023.

Baca Juga: 40 Ribu Calon Haji Jawa Barat Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Cecep mengungkapkan, sarana dan prasarana yang disediakan Asrama Haji Pondok Gede juga diusahakan mudah diakses dan dimanfaatkan oleh lansia.

“Pelayanan yang diterima jemaah mulai dari fase keberangkatan, yaitu layanan di gedung penerimaan, penginapan dan gedung keberangkatan juga disiapkan yang ramah lansia,” ujar Cecep.

Adapun pelayanan yang didapatkan calon jemaah di gedung penerimaan, yaitu menyerahkan tas bagasi dan kabin kepada petugas PPIH, pemberian label pada tas kabin, pemeriksaan akhir kesehatan Jemaah Haji. Di sini, para jemaah juga menyerahkan Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) dan Bukti Lunas BPIH.

“Agar jemaah tidak kelelahan, layanan dari beberapa unit terkait dilakukan pada satu lokasi dan dikoordinir secara terpadu, mulai pemeriksaan akhir kesehatan, penyerahan gelang identitas, penyerahan paspor dan penyerahan living cost pada jemaah, serta layanan lainnya,” ujar KaKanwil usai menerima kedatangan jemaah.

Kelengkapan imigrasi seperti paspor dan visa memang diserahkan di Asrama Haji Pondok Gede, karena jemaah embarkasi Jakarta akan mendapatkan fasilitas fast track di Bandara Soeta. “Nanti mereka tidak akan menunggu lama di bandara karena persoalan imigrasi sudah selesai di asrama,” jelas Cecep.

“Setelah dari gedung penerimaan, jemaah diarahkan langsung menuju kamar penginapan untuk beristirahat untuk selanjutnya diberangkatkan ke Bandara Soekarno Hatta sesuai jam yang terjadwal,” tutupnya.

Baca Juga: Kemenag Buka Seleksi Terbuka untuk 5 Jabatan Eselon II, Usia 55 Tahun Bisa Daftar


 

 



Sumber : Kompas TV/Kemenag



BERITA LAINNYA



Close Ads x