Kompas TV religi khazanah

"Semarak Idul Qurban", ICMI Potong 32 Sapi dan 32 Kambing di Hari Raya Kurban

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 00:00 WIB
semarak-idul-qurban-icmi-potong-32-sapi-dan-32-kambing-di-hari-raya-kurban
Ketua ICMI Jakarta Selatan yang juga Panitia "Semarak Idul Qurban" ICMI, Rhesa Yogaswara (Sumber: ICMI)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada
Ketua ICMI Jakarta Selatan yang juga Panitia "Semarak Idul Qurban" ICMI, Rhesa Yogaswara (Sumber: ICMI)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menggelar pemotongan hewan kurban yang diberi nama "Semarak Idul Qurban".

Pada Iduladha kali ini, dilakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 32 sapi dan 32 kambing dari 17 provinsi yang dipusatkan di Kantor Majelis Pusat Nasional (MPP) ICMI atau ICMI Center, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Senin (17/1/6/2024). 

Rhesa Yogaswara dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Semarak Qurban ICMI menyampaikan, ada 17 provinsi yang berpartisipasi dalam acara kurban kali ini, secara data 32 sapi, dan 32 kambing. 

Baca Juga: Fairuz A Rafiq Bangga King Faaz Beli Kurban dengan Uang Tabungannya dan Disalurkan ke Palestina

"Sedikit banyak ini merupakan inisiatif Majelis Pusat Nasional (MPP) ICMI, yang dipusatkan DKI Jakarta, dan Orda DKI," kata Rhesa yang juga Ketua ICMI Jakarta Selatan (Jaksel) dalam rilis yang diterima Kompas.tv, Senin (17/6).

Ia menuturkan acara "Semarak Qurban" ICMI diharapkan bisa mendatangkan keberkahan serta bisa mengangkat ICMI yang selalu berupaya memberi manfaat kepada masyarakat.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris ICMI DKI Jakarta, Ali Hamza. Menurutnya, "Semarak Qurban" yang dilaksanakan ICMI merupakan kewajiban sebagai orang yang mampu, untuk melakukan pemotongan hewan kurban yang awalnya targetkan 40 ekor sapi dan 100 kambing secara nasional. 

Dikatakan, pelaksana kurban merupakan teladan dari pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Pada kesempatan tersebut juga, Ali Hamza juga menyampaikan terimakasih kepada MPP ICMI yang telah menunjuk Orda ICMI DKI Jakarta sebagai panitia pelaksana "Semarak Qurban ICMI" tahun ini dan panitia sudah berusaha maksimal untuk melakukan pemotongan Qurban ICMI.

"Saya mengucapkan kepada panitia pelaksana idul Qurban tahun ini dan semua orwil yg melaksanakan pemotongan qurban.Semoga mendapat ridho dari Allah SWT sesuai niatkan kita semua," harapnya.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Bolehkah Makan Daging Kambing?

Sementara itu Ketua MPP ICMI, yang diwakili Prof. Teuku Abdullah Sani mengaku sangat berbahagia karena ICMI bisa melakukan semarak Idul Qurban ICMI, tak hanya secara nasional tapi internasional sebagaimana dicontohkan oleh pengorbanan Nabi Ibrahim yg diperintahkan untuk memotong anaknya Ismail.

"ICMI akan melakukan setiap tahun, semoga Allah selalu memberikan keberkahan bagi kita semua," harap Teuku Abdullah.

Ia menambahkan, hasil kurban akan diberikan kepada fakir miskin dan pihak yang membutuhkan.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x