Kompas TV religi beranda islami

4 Amalan yang Dianjurkan saat Hari Tasyrik 11, 12, dan 13 Zulhijjah, Dimulai Selasa 18 Juni 2024 Ini

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 06:00 WIB
4-amalan-yang-dianjurkan-saat-hari-tasyrik-11-12-dan-13-zulhijjah-dimulai-selasa-18-juni-2024-ini
Foto ilustrasi berdoa. Perbanyak doa dan dzikir karena pada hari Tasyrik ini merupakan Sa'atul Ijabah (waktu terkabulnya doa). (Sumber: pxfuel.com via tribun madura)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Tasyrik merupakan hari di mana umat Islam merayakan kemenangan dengan makan dan minum.

Setelah Hari Raya Iduladha, umat Islam dilarang melaksanakan ibadah puasa pada Hari Tasyrik, yaitu pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah. Untuk 1445 Hijriah atau edisi tahun 2024, Hari Tasyrik dimulai pada hari ini, Selasa (18/6).

Larangan berpuasa pada Hari Tasyrik dijelaskan dalam Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Ust. M. Syukron Maksum. Berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a.:

"Bahwasanya Rasulullah SAW mengutus Abdullah Bin Hudzafah berkeliling Mina untuk menyampaikan: Janganlah kamu berpuasa pada hari ini, karena ia merupakan hari makan minum dan mengingat Allah Azza wa Jalla." (HR. Ahmad)

Dengan demikian, seseorang yang biasa melakukan Puasa Sunnah Senin Kamis atau Puasa Daud, dilarang berpuasa ketika bertepatan dengan Hari Tasyrik. Setelah tanggal 13 Dzulhijjah, umat Islam baru dapat melanjutkan puasa sunnah.

Berikut penjelasan Ust. M. Hasbullah Agus Sumarno, Penyuluh Agama Islam Kemenag Surakarta, mengenai empat amalan yang dianjurkan pada Hari Tasyrik:

4 Amalan yang Dianjurkan saat Hari Tasyrik

1. Meningkatkan Taat dan Takwa

Hari Tasyrik adalah rangkaian dari Yaumul Qadhiyah.

"Ingat bahwa yaumul tasyrik adalah rangkaian dari Yaumul Qadhiyah, dimana itu cobaan, ujian, perjuangan para Nabi terutama Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," jelasnya.

Baca Juga: Warga Gaza Salat Iduladha di Antara Reruntuhan Masjid Akibat Perang

Oleh karena itu, kita disarankan untuk senantiasa meningkatkan taat dan takwa kepada Allah agar bisa memiliki nilai yang sama atau setidaknya mendekati ketakwaan para Nabi.

2. Perbanyak Doa dan Dzikir



Sumber : Kompas TV, Tribun News



BERITA LAINNYA



Close Ads x