Kompas TV saintek teknologi

Fitur Baru WhatsApp Tingkatkan Privasi, Bakal Larang Pengguna Tangkap Layar Foto Profil Seseorang

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 16:00 WIB
fitur-baru-whatsapp-tingkatkan-privasi-bakal-larang-pengguna-tangkap-layar-foto-profil-seseorang
Layanan pesan instant, WhatsApp, sedang melakukan uji coba peningkatan privasi terkait tangkap layar foto profil. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - WhatsApp, aplikasi perpesanan instan yang berada di bawah naungan Meta, telah memperkenalkan fitur keamanan baru, Selasa (20/2/2024).

Fitur ini dirancang untuk mencegah pengguna dari mengambil tangkapan layar foto profil orang lain, sebuah langkah yang diambil lima tahun setelah WhatsApp menghapus opsi menyimpan foto profil pengguna lain. Inisiatif ini diumumkan melalui WA Beta Info.

Baca Juga: WhatsApp Tambah 4 Format Teks Baru, Apa Saja?

Saat ini fitur tersebut tersedia bagi sejumlah penguji beta dan dijadwalkan akan diluncurkan kepada lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Sebuah pesan peringatan akan muncul ketika seseorang mencoba mengambil tangkapan layar foto profil, menegaskan kontrol pengguna atas privasi mereka.

Baca Juga: 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Pakai HP via JMO, SMS, WhatsApp hingga Situs Resmi

Ini merupakan upaya WhatsApp untuk mengurangi risiko penyalahgunaan gambar profil, seperti peniruan identitas atau pelecehan.

Meskipun metode alternatif seperti penggunaan perangkat kedua masih bisa dilakukan, langkah ini diharapkan dapat mengurangi pembagian foto profil secara sembarangan dan tanpa izin.

Baca Juga: Mudah, Ini Cara Merekam Panggilan WhatsApp di HP

WhatsApp tidak hanya menghadirkan fitur larangan tangkapan layar tetapi juga memungkinkan pengguna untuk lebih mengendalikan privasi mereka melalui menu Pengaturan Privasi.

Dengan opsi ini, pengguna dapat menentukan siapa saja yang dapat melihat gambar profil mereka, memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap penyalahgunaan data pribadi.

Baca Juga: Isi Ancaman Whatsapp yang Diterima Jubir Menhan Dahnil Anzar

Fitur ini menambah daftar panjang upaya WhatsApp dalam memperkuat keamanan dan privasi penggunanya, menegaskan posisinya sebagai aplikasi perpesanan yang memprioritaskan keamanan data pengguna.

Selain itu, WhatsApp juga baru-baru ini memperbarui fitur Saluran mereka, memperluas kemampuan pengguna untuk berbagi unggahan saluran melalui pembaruan status. Fitur ini telah dikonfirmasi tersedia untuk pengguna Android dan iOS.


 



Sumber : WA Beta Info


BERITA LAINNYA



Close Ads x