Kompas TV TALKSHOW b-talk

[FULL] Aturan Baru Bikin E-Commerce Susah Cuan? | B-Talk

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 11:05 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Larang melarang  ada yang tak dilarang dalam mengimpor barang yang tak bisa diproduksi di Indonesia, yes positive list namanya dimana berisikan sejumlah barang yang masih boleh untuk diimpor. Tapi inget, harganya ga lewat sampe 100 dollar Amerika ya kawan.

Tapi tau ga sih kalau nilai impor barang konsumsi di Indonesia tuh seberapa besar? Sumber dari bps bilang kalau 2021 itu yang paling tinggi dengan angka 20,18 milliar dolar amerika, di 2022 ada di angka 19,83 miliar dolar Amerika, eh terus menurun lagi nih di tahun ini angkanya di 14 miliar dollar Amerika. Nah bayangin tuh, jumlahnya aja masih besar banget buat kita beli dari luar negeri, katanya mau cinta produk lokal, tapi kenapa angkanya masih banyak?

Usut punya usut, kemajuan teknologi untuk jual beli semakin canggih pemirsa, belanja apapun produknya mau impor atau dalam negeri itu semakin mudah. Liat aja nih jumlah kunjungan dari sejumlah E-Commerce oleh warga negara Indonesia, mulai dari shopee, tokopedia, lazada, blibli, sampai bukalapak, di kuartal 3 tahun ini saja meningkat. Tidak bisa dipungkiri lagi kalau kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sekarang tidak lepas dari E-Commerce.

Kalo ditanya apa aja sih yang dibeli di sana? Banyak, mulai dari pakaian, sepatu, kosmetik, tas, makanan, minuman, aksesoris, televisi, laptop, komputer, peralatan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Banyak ga tuh, ya gimana ga banyak, wong kita tinggal rebahan di rumah, pesan, terus ga lama barangnya sampe di depan pintu rumah kita. Ga perlu repot- repot cari parkir di luar panas-panasan kena polusi.

Nah ini berhubungan dengan seberapa banyak sih pengguna E-Commrce di Indonesia, kalo dari data statista market insight jumlah pengguna di Indonesia itu meningkat setiap tahunnya. Nih liat aja, diproyeksikan di tahun 2023 jumlahnya sampai 196,47 juta orang menggunakan E-Commerce untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tentu dengan adanya sejumlah aturan impor yang masih memperbolehkan beberapa barang untuk dibeli dari luar menjadi salah satu alasan pengguna E-Commerce meningkat, tapi jangan sampai hal ini mematikan usaha lokal ya pemirsa. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x