Kompas TV TALKSHOW livi on point

TOK Yasin Limpo Jadi Tersangka, Badai NasDem Makin Kuat Jelang Pemilu 2024? | Livi On Point

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 11:41 WIB
Penulis : Prayogi Haro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi mengumumkan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka dalam dugaan kasus di lingkungan Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Partai Gelora, Pecahan PKS Akan Berlaga di Pilpres 2024 | Livi On Point

Selain Yasin Limpo, KPK juga menetapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Sekjen Kementan) Kasdi Subagyono (KS) dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian, Kementan Muhammad Hatta (MH) sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Hingga kini sudah banyak nama yang telah diperiksa salah satunya Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar juga diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi.

Baca Juga: Partai Gelora Sayangkan Prabowo - Mega Tidak Jadi Satu Koalisi Besar, Ini Alasannya… | Livi On Point

Lantas bagaimana dengan kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Ketua KPK Firli Bahuri terhadap Yasin Limpo? Akankah proses hukum ini semakin melebar dan menyeret banyak nama?

Mundurnya Yasin Limpo dari jabatan menambah daftar nama Menteri dari partai NasDem dalam kabinet Presiden Jokowi yang terseret kasus korupsi di tahun 2023, sebelumnya ada Johnny G Plate selaku mantan Menkominfo.

Baca Juga: Demokrat Masuk Koalisi Indonesia Maju, Akankah Solid Sampai Akhir? | Livi On Point

Ketum Partai NasDem Surya Paloh belum melakukan pemecatan kepada para kader yang saat ini terjerat kasus korupsi tersebut. Pihaknya mengedepankan asas praduga tak bersalah.

Bendahara Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Sahroni juga turut menegaskan soal keputusan pemecatan itu adalah sepenuhnya di tangan Ketum partai.

Baca Juga: Partai Pecahan PKS, Partai Gelora Awali Debut di Pilpres 2024 | Livi On Point

Lalu bagaimana nasib Siti Nurbaya Bakar Menteri LHK yang masih bertahan? Akankah dirinya juga diminta untuk mundur dari jabatan?

Kuatnya badai kasus yang menimpa partai NasDem, Surya Paloh juga mengatakan akan mempengaruhi merosotnya elektabilitas NasDem maupun pasangan Bakal Capres dan Bakal Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) yang diusung oleh Koalisi Perubahan.

Baca Juga: Gejolak Polarisasi Pemilu 2019 Mungkinkah Terjadi Lagi? Ini Solusi Anis Matta | Livi On Point

Seberapa besar pengaruh itu dan apa yang akan dilakukan partai agar suara terhadap AMIN tidak tergerus?

Saksikan selengkapnya Livi On Point, Episode “Badai NasDem Makin Kuat Jelang Pemilu 2024?” hanya di KompasTV.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x