Kompas TV video cerita indonesia

Tingkat Kesembuhan Covid-19 Indonesia di Atas Rata-Rata Global

Kompas.tv - 1 September 2020, 15:10 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Joko Widodo menyebut, angka perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia masih berada di bawah kendali.

Jokowi menyebut, hingga 31 Agustus 2020, angka Covid-19 di Indonesia mencapai 175 ribu kasus positif.

Meski demikian, ia menyebut, tingkat kesembuhan Covid-19 di Indonesia relatif tinggi, bahkan lebih tinggi dari pada angka rata-rata dunia. 

“Alhamdulillah tingkat kesembuhan (case recovery rate) juga makin meningkat. Dari dulu kita ingat di bulan April itu 15%, sekarang di bulan Agustus 72,1%. Jadi, ada pergerakan yang lebih baik, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata dunia yang 69%”  ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers (1/9).

Baca Juga: 175 Ribu Positif, Jokowi Sebut Kondisi Covid-19 di Indonesia Masih Relatif Terkendali

Selain itu, Presiden juga menambahkan, jumlah kasus aktif di Indonesia juga terus menunjukkan penurunan, bahkan berada di bahwa angka rata-rata dunia.

“Dari 77% di bulan April, menjadi sebesar 23,69% di bulan Agustus. Ini lebih baik dari rata-rata dunia yaitu sebesar 27%”, pungkasnya.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan, bahwa kasus Covid-19 ini masih belum selesai.

Meski mengalami trend yang cukup baik, Presiden Jokowi juga mengingkatkan bahwa Indonesia masih memiliki PR besar, yakni terkait angka kematian Covid-19. 

Angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia juga relatif masih tinggi, bahkan lebih tinggi dari pada angka kematian global.

“Meskipun mengalami penurunan dari 7,83 % di Bulan April, menjadi 4,2 % di bulan ini, kita masih punya PR besar untuk menurunkan lagi, karena angka fatality rate di negara kita masih lebih tinggi dibandingkan dengan fatality global yang berada di angka 3,36%.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x