Kompas TV video sinau

Berapa Jumlah Rusa Penarik Kereta Sinterklas? Berikut Fakta Menariknya

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 19:09 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Hari Natal selalu lekat dengan kisah-kisah tentang Sinterklas. Sebagai contoh saja,kisah tentang ia gemar memberikan hadiah untuk anak-anak, dengan mengendarai kereta salju.  Berdasarkan legenda kereta salju Sinterklas ditarik oleh tenaga kawanan rusa.

Rusa penarik kereta pembawa hadiah anak-anak itu adalah rusa Kutub Utara tepatnya dari daerah Arktik.

Kelompok rusa itu terdiri dari delapan rusa yang memiliki nama Dasher dan Dancer, Prancer dan Vixen, Comet dan Cupid, Donder dan Blitzen.

Nama mereka makin dikenal setelah tulisan puisi ‘’ A Visit from St. Nicholas ’’ terbitan tahun 1823, atau lebih dikenal dengan "The Night Before Christmas" karya Clement C Moore.

Lalu muncul rusa ke sembilan yang justru paling dikenal kisahnya, yaitu Rudolph si hidung merah. Kisah ini ditulis Robert L. May yang dibuat tahun 1939.

Berdasarkan cerita itu, pada suatu malam Sinterklas sedang berkeliling dunia untuk membagikan hadiah. Kabut tebal menghalangi perjalanan sinterklas saat itu, kemudian ia melihat lampu merah yang berkedip. 

Ternyata itu hidung si Rudolph yang menyala. Sejak saat itu Rudolph pergi bersama Sinterklas dan memimpin delapan rusa lainnya. 

Melansir National Geographic Indonesia berikut fakta menarik rusa kutub:

1.Kuat

hewan yang lekat dengan nuansa natal ini mampu bertahan hidup pada suhu minus 60 derajat celcius, juga mampu berjalan ribuan kilometer.

2.Batalion Rusa Kutub

Ketika Perang Dunia II di Arktik, Soviet merekrut 6.000 rusa kutub, mereka berperan untuk mengangkut pasokan dan membawa pasukan yang terluka.

3.Larinya Kencang

Ketika sprint rusa kutub mampu berlari mencapai kecepatan 80 kilometer per jam, ini menjadi alasan untuk orang memanfaatkan rusa kutub untuk balapan.

Baca Juga: Pohon Natal Dari Lidi, Sarat Akan Filosofi

https://www.kompas.tv/article/244979/pohon-natal-dari-lidi-sarat-akan-filosofi 

Grafis: Joshua Victor

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x