Kompas TV video sinau

Bumbunya Sama, Apa Beda Karedok, Ketoprak, Gado-gado, Pecel dan Lotek?

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 13:52 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Pernahkah terbersit secuil pertanyaan, sebenarnya apa perbedaan karedok, ketoprak, gado-gado, pecel dan lotek?

Karedok, ketoprak, gado-gado, lotek, dan pecel memiliki rasa yang mirip, namun perbedaannya cukup kentara.

Kenapa sering dianggap sama? Penyebabnya adalah bahan dasar bumbunya, semua memakai kacang tanah.

Meski demikian, kelima makanan itu punya perbedaan, apa saja? Melansir Bobo.id berikut perbedaanya:

  • Karedok  menggunakan sayuran mentah seperti timun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Karedok merupakan makanan khas Sunda, sayuran tadi kemudian disiram dengan bumbu kacang.
  • Ketoprak adalah makanan khas Betawi, berbahan utama bihun, ketupat, tahu, dan taoge. Biasanya saus kacang ketoprak diulek dengan bawang putih dan bumbu lainnya.
  • Gado-gado mirip karedok, bedanya sayur gado-gado sudah direbus. Gado-gado khas Jakarta menggunakan  jagung pipil, sayuran rebus, kentang, lontong, tahu, tempe, dan telur. Sementara daerah lain menggunakan sayur kacang panjang, timun, wortel, selada, dan kentang, kadang juga telur.
  • Perbedaan lotek dan gado-gado di sayurannya, lotek menggunakan kol, bayam, dan taoge. Pada saus kacangnya memiliki rasa kencur yang kuat, bisa dinikmati dengan  ketupat atau nasi dan kerupuk.
  • Pecel berasal dari Madiun Jawa Timur, saus kacangnya dihaluskan bersama daun jeruk, sehingga aroma daun jeruknya lebih terasa, mirip lotek & gado-gado biasanya disantap bersama peyek kacang.

Baca Juga: Kuliner Autentik dari 34 Provinsi Dipamerkan saat MotoGP 2022 di Mandalika

Editor Video & Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x