Kompas TV video vod

Masyarakat Adat Melayu di Medan Kembali Gelar Tradisi "Jirus Pusaka"

Kompas.tv - 13 September 2023, 14:14 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KOMPAS.TV - Untuk pertama kalinya masyarakat melayu di Kota Medan, melibatkan generasi muda dalam prosesi bersih keris atau yang lebih dikenal dengan sebutan “jirus pusaka”.

Prosesi pembersihan keris pusaka yang disaksikan langsung anak-anak muda, digelar di rumah panggung yang berada di halaman belakang Masjid Osmani, Medan Labuhan.

Prosesi dimulai dengan melepas gagang keris, kemudian merendamnya dengan air kelapa. Keris kemudian disapu dengan jeruk purut, dan selanjutnya dibersihkan dengan menggunakan air bunga, lalu diasapi dan diakhiri dengan memberi minyak.

Kepada sejumlah anak-anak muda yang menyaksikan, panitia acara menjelaskan tujuan pembersihan keris pusaka. Selain itu peserta juga diberitahu manfaat dari setiap bahan yang digunakan, hanya untuk menjaga kelestarian benda pusaka yang ada.

Ketua Panitia menjelaskan bahwa pentingnya generasi muda melayu mengenal adat dan budaya melayu agar tidak hilang atau punah seiring zaman.

Salah seorang peserta prosesi ini mengaku sangat senang generasi muda dilibatkan dalam prosesi “jirus pusaka”. Karena nantinya dapat melestarikan budaya yang telah ada sejak turun-temurun.

Baca Juga: Festival Rempah dan Pesta Kawe 2023 di Sumsel, Tingkatkan Produksi Petani Lokal

#melayu #jiruspusaka #medan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x