Kompas TV video vod

[FULL] Cerita Lengkap Hasto Kristiyanto Ketika PDIP Diminta Dukung Presiden 3 Periode

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 18:46 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto cerita saat partainya diminta untuk mendukung perpanjangan masa jabatan presiden Joko Widodo atau presiden 3 periode.

Hasto menyinggung manuver salah satu menteri soal punya big data terkait jabatan presiden diperpanjang.

"Jadi saya sendiri mengalami itu, jadi ketika saya sedang nyekar di Makam Bung Karno, di Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big data-nya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," kata Hasto mengawali ceritanya. 

Kemudian Hasto pun menyebut permintaan tersebut datang dari ‘pak lurah’.

Baca Juga: Tegas, Megawati Menolak Gagasan Masa Jabatan Presiden 3 Periode: Cukup 2 Kali!

"Sebelumnya saya bertemu dengan menteri tersebut, dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikap ketua umum beberapa partai yang menyuarakan itu, saat itu dikatakan sebagai permintaan Pak Lurah, kami mendengar itu," ungkap Hasto. 

Lebih lanjut Hasto mengatakan karena PDIP tegak lurus dengan konstitusi maka tak menggubris permintaan itu. 

Hasto pun pastikan bahwa apa yang disampaikannya itu dapat dipertanggungjawabkan secara politik hukum, dan juga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

"Jadi berbagai upaya yang dilakukan berbagai Ketum, saat itu yang saya dapat informasinya, ini bisa di-crosscheck. Saya pertanggungjawabkan secara politik hukum, dan juga di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dan rakyat Indonesia, bahwa itu memang ada," kata Hasto. 

"Melalui pihak-pihak lain yang kemudian juga disuarakan ke PDIP, tetapi sikap kami adalah konsisten di dalam menempatkan konstitusi sebagai rule of the game yang sangat fundamental yang harus kita ikuti," lanjutnya. 

Video Editor: Vila
#pdipn #paklurah #presiden3periode



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x