Kompas TV video vod

BI-Bank of Korea Sepakat Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal dalam Transaksi Keuangan!

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 12:25 WIB
Penulis : Dea Davina

BALI, KOMPAS.TV - Bank Indonesia dan Bank Of Korea sepakat mendorong penggunaan mata uang lokal dalam transaksi keuangan dan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Implementasi transaksi keuangan dan ekonomi dengan local currency transaction, LCT antara Indonesia dan Korea Selatan dijadwalkan mulai tahun 2024.

Kesepakatan itu jadi konklusi pertemuan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Gubernur Bank Of Korea Rhee Chang Yong dalam pertemuan tingkat tinggi atau High Level Meeting di Badung, Bali.

Baca Juga: Simak, Berikut Jam Operasional Bank Indonesia Selama Natal dan Tahun Baru 2024

Dalam implementasinya, kerangka kerja transaksi mata uang lokal, akan memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara di area perdagangan, dan diharapkan dapat meminimalisasi eksposur risiko nilai tukar dan biaya bagi pelaku usaha dan pengguna lainnya.

Gubernur Bank Of Korea, Rhee Chang Yong mengatakan, kerjasama LCT diharapkan bisa memperluas peluang investasi dan bisnis di kedua negara, dan juga mendorong kunjungan wisata Korea Selatan di Indonesia. 

Kerjasama penggunaan mata uang lokal ini memperluas kesepakatan kerjasama serupa antara BI dan Bank Negara Malaysia, Bank Of Thailand, Kementerian Keuangan Jepang, Otoritas Moneter Singapura dan Bank Rakyat China.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x