Kompas TV video vod

Rekapitulasi Berjenjang Penuh Drama, KPU Kebut Perhitungan Suara Pemilu, Target Rampung 20 Maret!

Kompas.tv - 13 Maret 2024, 11:11 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rekapitulasi suara pemilu 2024 masih berlanjut, hasil sementara pasangan Prabowo-Gibran unggul di 9 provinsi. Tapi proses rekapitulasi juga tidak mudah karena terjadi berbagai dinamika baik di tingkat kabupaten hingga provinsi.

Adu jotos nyaris terjadi antara Komisioner KPU dengan Komisioner Bawaslu Maluku Utara saat berlangsungnya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Provinsi Maluku Utara.

Kericuhan diduga lantaran adanya ketidaksesuaian data perolehan suara dengan data penyelenggara pemilu.

Kericuhan bermula saat salah satu Komisioner Bawaslu Maluku Utara melayangkan protes dan mendatangi meja rapat Komisioner KPU Maluku Utara.

Salah satu komisioner KPU Maluku Utara yang emosi mencoba mengejar anggota Bawaslu dan nyaris adu jotos. 

Sementara itu di Medan, Sumatera Utara aksi unjuk rasa menuntut penghitungan ulang digelar di hotel di mana KPU melakukan rekapitulasi suara.

Massa menuntut KPU Kota Medan untuk menghitung ulang suara karena ada dugaaan penggelembungan dan peralihan suara antar-partai.

KPU Kota Medan juga dinilai tidak taat aturan, sebab Bawaslu Kota Medan sudah merekomendasikan penghitungan ulang tetapi tidak dilaksanakan.

Saat ini KPU memang berkejaran dengan tengat waktu penyelesaian rekapitulasi penghitungan suara pemilu, yakni 20 Maret 2024.

Hasil rekapitulasi sementara Kpu menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran unggul di 9 provinsi, yaitu DIY, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Lampung, Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Tengah.

Khusus di Provinsi DKI Jakarta, pasangan Prabowo-Gibran unggul tipis atas pasangan Anies-Muhaimin.

KPU menyebut berupaya menyelesaikan tahapan rekapitulasi sesuai jadwal. Di sisi lain, KPU juga tetap memperbaharui informasi kesiapan dari KPU provinsi agar dapat melanjutkan rekapitulasi ke tingkat nasional.

Hasil akhir rekapitulasi Pemilu 2024 akan diumumkan 20 Maret mendatang, mari kita nantikan hasil akhirnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x