Kompas TV video vod

Soal Jatah Kursi Menteri, Ketum PAN Zulhas Sebut Itu Hak Presiden Terpilih Prabowo

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 22:49 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah ditetapkan KPU sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

Teka -teki  komposisi menteri Kabinet Prabowo - Gibran  kini jadi yang di tunggu- tunggu. Prabowo dan Gibran bahkan sudah  melakukan pertemuan khusus untuk merumuskan komposisi kabinetnya.

Tak hanya soal strategi menempatkan orang- orang terbaik dan mumpuni dibidangnya, tapi apakah susunan kabinet ini juga bisa  mengakomodir "balas budi" pada partai pendukung, mengingat besarnya koalisi pendukung.

Tak dipungkiri, partai koalisi pendukung punya kans  besar untuk menempati kursi-kursi Menteri Prabowo, salah satunya Partai Demokrat.

Saat buka bersama dengan Prabowo pada rabu (27/3/2024) lalu, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah diminta langsung oleh Prabowo untuk menyiapkan kader- kader terbaik dari Partai Demokrat untuk jadi menteri.

Soal siapa kader terbaik Demokrat ini, AHY belum mau membocorkan. Yang jelas saat itu AHY menyebut Demokrat tidak menuntut apa-apa  dan menghormati keputusan Prabowo.

Soal permintaan Prabowo ke AHY ini, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabumin Raka menyebut masih terus dibahas dengan partai koalisi.

Sementara itu, Golkar mengklaim punya kontribusi besar memenangkan Prabowo - Gibran di Pilpres hingga 25%. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartanto pada 16 Maret lalu menyebutkan meminta jatah minimal 5 kursi menteri kepada Prabowo-Gibran.

Meski hingga kini belum diminta Prabowo untuk menyiapkan kadernya, namun Airlangga memastikan banyak kader Golkar yang siap menempati posisi menteri.

Sementara itu, Ketua Umum Partai PAN Zulkifli Hasan menyebut soal penentuan menteri di kabinet adalah hak prerogatif presiden terpilih dalam hal ini Prabowo Subianto. 

Zulhas menyerahkan keputusan pada Prabowo dan yakin jika  Prabowo bisa memutuskan yang terbaik.

Baca Juga: Bahlil Minta Sengketa Pilpres Segera Dibereskan Merespons Namanya Disebut dalam Sidang MK

#kursimenteri #pan #kabinetprabowo
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x