Kompas TV video vod

Sejumlah Prosesi dan Kirab Warnai Puncak Peringatan Hari Raya Waisak 2024

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 18:27 WIB
Penulis : Shinta Milenia

MAGELANG, KOMPAS.TV - Jelang puncak peringatan Trisuci Waisak, Biksu dan umat Budha melakukan kirab dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur sekitar 3,5 kilometer.

Rangkaian pelaksanaan Kirab Waisak diawali dengan ibadah di Candi Mendut dipimpin Biksu dari berbagai Dewan Sangha Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Walubi. Rangkaian dilanjutkan kirab ke Candi Borobudur.

Nantinya kirab akan menempuh jarak 3,5 km dari candi Mendut ke Candi Borobudur dengan membawa berbagai peralatan Waisak seperti Relik Sang Buddha, air berkah, api dharma dan kitab suci Tripitaka.

Usai melangsungkan prosesi Puja Bakti di Candi Mendut, rangkaian kegiatan Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak dilanjutkan dengan Kirab Waisak dari Candi Mendut menuju ke Candi Borobudur.

Rangkaian Waisak tahun 2024 mulai dari 17 Mei 2024 hingga 23 Mei 2024 dengan berbagai kegiatan di Candi Borobudur.

Dimulai dari perjalanan Biksu Thudong yang tahun ini berjalan kaki dari Semarang menuju Candi Borobudur dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer.

43 biksu melakukan perjalanan dari Semarang hingga Magelang untuk mengikuti prosesi Waisak di Candi Borobudur.

Sebelumnya Ritual San Bu Yi Bai juga dilakukan di Kompleks Wisata Candi Borobudur. San Bu Yi Bai atau 3 langkah dan 1 Nasmakara atau bersujud sebagai wujud pertobatan bagi umat Buddha.

Puncak Perayan Waisak akan digelar hari ini di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Detik-Detik Waisak tahun 2024 akan dimulai Kamis (23/5/2024) sore pukul 17.00 WIB dan ditutup doa Waisak setelah pelepasan lampion.

Baca Juga: Menuju Detik-detik Waisak Umat Buddha Jalani Puja Bakti hingga Kirab dari Candi Mendut

#waisak #candiborobudur #kirabwaisak



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x