Kompas TV video vod

Penampilan Tari Kolosal Dalam Puncak Perayaan HUT Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb

Kompas.tv - 18 September 2024, 15:22 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BERAU, KOMPAS.TV - Dalam rangka memperingati Hari Jadi yang ke-71 Kabupaten Berau dan ke-214 Kota Tanjung Redeb, Bupati Berau beserta organisasi perangkat daerah dan masyarakat menggelar upacara HUT di halaman GOR Pemuda Tanjung Redeb.

Acara ini berlangsung di Lapangan GOR Pemuda pada Minggu (15/9/2024) pagi.

Tari kolosal yang ditampilkan menceritakan sejarah adat Bekudung Betiung khas etnis Dayak Ga'ai.

Proses adat tersebut merupakan tradisi yang diturunkan secara turun-temurun sebagai bentuk pendewasaan diri bagi kalangan pria Dayak Ga'ai.

Selanjutnya, tari ini juga menggambarkan kedatangan etnis lain, seperti Melayu Banua dan Bajau, yang kemudian menjadi tiga etnis utama yang mendiami Kabupaten Berau.

Koreografer tari menyebutkan bahwa tari kolosal pada peringatan kali ini melibatkan seratus murid SMA/SMK serta sejumlah sanggar seni di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan bahwa rangkaian hari jadi selanjutnya akan diisi dengan berbagai pesta rakyat, di antaranya Irau Manutung Jukut atau pesta bakar ikan di sepanjang tepian Tanjung Redeb.

Peringatan HUT Berau ditutup dengan pemotongan puncak rosul sebagai ungkapan rasa syukur, pembagian hadiah lomba pawai Muharram, serta dimeriahkan dengan tari jepen massal.

Baca Juga: [FULL] Sambutan AHY di Perayaan HUT ke-23 Partai Demokrat: Kita Kembali ke Pemerintahan Nasional

#hut #kabupatenberau #ulangtahun




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x