Kompas TV advertorial
advertorial

Kumpulan Doa dan Adab Menjenguk Orang Sakit

Kompas.tv - 16 Juni 2023, 13:00 WIB
kumpulan-doa-dan-adab-menjenguk-orang-sakit
Menjenguk orang sakit tidak sekadar memberikan bantuan morel, tapi juga turut mendoakannya. (Freepik) (Sumber: Dok. Freepik)

KOMPAS.TV – Selain memberikan bantuan morel, seperti makanan, orang sakit juga perlu didoakan agar ikhlas dan sabar dalam menghadapi ujian yang Allah Swt berikan.

Berdasarkan riwayat hadis Bukhari nomor 5.742, terdapat pelajaran yang bisa dipetik ketika menjenguk orang sakit, yaitu dari kisah Anas bin Malik yang ditemui oleh Abdul Aziz dan Tsabit.

Kala itu, Tsabit berkata pada Anas, wahai Abu Hamzah (Anas Bin Malik), aku sedang sakit. Kemudian, Anas bertanya pada Tsabit, maukah aku merukiahmu seperti yang diajarkan oleh Rasulullah?


Tsabit pun menjawab, iya, silakan. Lalu, Anas membaca doa.

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Doa itu berarti, “Ya Allah, Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.”

 

Dilansir dari iuwashplus.or.id, berikut adalah kumpulan doa untuk orang sakit yang bisa Anda pakai untuk mendoakan orang sakit.

 

Doa pertama

As’alullaha al adziim, Rabbal arsyil adziim, an yasyfiyaka.

Doa itu memiliki arti, “Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, Rabb arsy yang besar, agar memberikan kesembuhan kepadamu. Allah SWT akan memberikan kesembuhan untuk orang yang sedang sakit.”

Jika Anda melihat orang sakit, bacakanlah doa ini sebanyak tujuh kali untuk kesembuhannya.

 

Doa kedua

Rasulullah SAW pernah bersabda saat Abu Abdillah mengeluhkan sakit kepadanya.

“Letakkan tanganmu di tempat yang sakit, kemudian bacalah doa ini sebanyak tujuh kali. A’udzu billahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru,” sabdanya.

Adapun doa itu berarti, Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan yang aku rasakan dan aku khawatirkan.

 

Doa ketiga

Allahummasyfi sa’dan, Allahummasyfi sa’dan, Allahummasyfi sa’dan

Arti doa itu adalah “Ya Allah berilah kesembuhan kepada Saad, Ya Allah berilah kesembuhan kepada Saad, Ya Allah berilah kesembuhan kepada Saad.”




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x