Kompas TV advertorial
advertorial

BNPT Sosialisasi Perlindungan Sarana Prasarana Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas Bali

Kompas.tv - 3 Mei 2024, 11:53 WIB
bnpt-sosialisasi-perlindungan-sarana-prasarana-pembangkit-listrik-tenaga-diesel-dan-gas-bali
BNPT terus menggencarkan sosialisasi Pedoman Pelindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang strategis dalam Pencegahan Tindak Pidana Terorisme. (Sumber: Dok. BNPT)
Penulis : Adv Team

BALI, KOMPAS.TV – Jelang acara World Water Forum ke-10, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terus menggencarkan sosialisasi Pedoman Pelindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang strategis dalam Pencegahan Tindak Pidana Terorisme.

Kegiatan ini dilakukan setelah serangkaian asesmen venue pendukung acara World Water Forum ke-10 di Bali.

Baca Juga: Dukung Keamanan World Water Forum ke-10, BNPT Tingkatkan Kualitas Asesmen Sistem Pengamanan

Dalam sambutannya, Direktur Pencegahan BNPT Prof. Dr. Irfan Idris, M.A., mengatakan, rekan-rekan di Bali mulai sibuk mengingat event dunia mulai dipercayakan di Indonesia.

"Tentu inilah kehadiran kita mensosialisasikan aturan ini mengingat world water forum adalah forum sektor air terbesar di dunia," kata Irfan dalam sosialisasi perlindungan sarana prasarana objek vital yang strategis kepada PT PLN Indonesia Power Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTDG) pada Kamis (2/5). 

BNPT akan terus bersinergi dengan TNI/Polri, BSSN, dan beberapa Kementerian/Lembaga terkait dalam menyukseskan perhelatan internasional World Water Forum ke-10 mendatang. (Sumber: Dok. BNPT)

Irfan menjelaskan, BNPT akan terus bersinergi dengan TNI/Polri, BSSN, dan beberapa Kementerian/Lembaga terkait dalam menyukseskan perhelatan internasional World Water Forum ke-10 mendatang.

"BNPT pada tahun ini sudah dilibatkan oleh jajaran Kementerian Polhukam beserta kementerian atau lembaga lainnya di dalam setiap event internasional," jelasnya.

Irfan menambahkan, asesmen yang dilakukan mengacu pada Peraturan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Nomor 3 tahun 2020 tentang Pedoman Perlindungan Sarana Prasarana Objek Vital yang Strategis sehingga setiap objek vital strategis perlu menerapkan standar sistem pengamanan sesuai aturan tersebut.

Di sisi lain, Manager HSE PT PLN Indonesia Power Heri Hermawan menyambut baik kehadiran BNPT dalam melakukan asesmen dan sosialisassi Perban 3 Tahun 2020.

"Teman-teman bisa paham terkait dengan paham-paham radikalisme dan penanggulangan terkait dengan terorisme itu hal yang sangat luar biasa bagi kami," kata Heri. 

Heri mengapresiasi asesmen dan sosialisasi ini menjadi sangat penting dan bermanfaat mengingat Bali akan menghadapi event skala Internasional yang akan dihadiri delegasi dari berbagai negara.

Baca Juga: BNPT Serahkan Sertifikat Penerapan Standar Minimum Pengamanan ke Pengelola Obvitnas & Transportasi

"Bali sekarang akan menghadapi World Water Forum tentunya ini menjadi suatu catatan penting juga dimana kami PLN Group akan melakukan siaga terkait dengan forum tersebut," ujarnya.

Sebagai informasi, World Water Forum Ke-10 akan diselenggarakan pada 18 hingga 25 Mei 2024 yang akan dihadiri oleh 172 negara dan turut mengundang 33 kepala negara.

Selain itu, seluruh kementerian maupun lembaga yang tergabung pada bidang keamanan dan kesehatan pun sudah mulai melaksanakan operasi pengamanan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x