Kompas TV advertorial
advertorial

Optimalkan Promo dan Layanan Pelanggan Lewat Chatbot WhatsApp

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 18:00 WIB
optimalkan-promo-dan-layanan-pelanggan-lewat-chatbot-whatsapp
Agar proses interaksi dengan pelanggan makin mudah dan praktis, pemilik usaha bisa memanfaatkan layanan chatbot WhatsApp. (Sumber: Dok. Kammo)

Kompas.TV – Laporan We Are Social pada Januari 2024 memaparkan bahwa WhatsApp merupakan platform media sosial dan pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. 

Platform milik grup Meta tersebut diketahui memiliki persentase pengguna sebesar 90,9 persen per bulan dengan mayoritas pengguna berusia 16–64 tahun. Popularitas WhatsApp tidak hanya ideal untuk komunikasi pribadi, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan komunikasi bisnis.

Selain mengirim pesan, WhatsApp dapat digunakan pelaku usaha untuk konsultasi layanan, mengirimkan informasi promosi, melakukan transaksi penjualan, bahkan membangun komunitas.

Agar proses interaksi dengan pelanggan makin mudah dan praktis, pemilik usaha bisa memanfaatkan layanan chatbot WhatsApp.

Chatbot WhatsApp adalah program komputer yang mampu memberikan respons otomatis terhadap pertanyaan umum pelanggan, menangani pesanan, hingga memberikan informasi produk atau layanan secara real-time.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah manfaat yang akan didapat pemilik bisnis dari layanan chatbot WhatsApp.

1. Layanan pelanggan 24/7

Program komputer ini juga mampu memberikan respons instan terhadap pertanyaan dan keluhan pelanggan tanpa dibatasi hari libur atau jam kerja. 

2. Efisiensi operasional

Chatbot dapat menangani berbagai jenis pertanyaan secara bersamaan sehingga mengurangi beban kerja tim layanan pelanggan dan memungkinkan mereka fokus pada masalah yang lebih kompleks.

3. Personalisasi

Chatbot dapat mengumpulkan data pelanggan dan menggunakannya untuk memberikan rekomendasi produk yang relevan dan penawaran khusus.

4. Peningkatan Penjualan

Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang lancar dan responsif, chatbot dapat meningkatkan tingkat konversi ke penjualan.

5. Analisis Data

Chatbot dapat melacak interaksi pelanggan serta memberikan wawasan tentang preferensi dan perilaku mereka. Data ini dapat dimanfaatkan bisnis untuk meningkatkan strategi pemasaran dan penjualan.

Tips Memilih chatbot WhatsApp yang Tepat

Meskipun memiliki banyak benefit, Anda harus cermat dalam mempercayakan bisnis lewat chatbot WhatsApp. Pemilihan chatbot yang tepat tentunya akan membuat memuaskan pelanggan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Fitur yang Harus Dipertimbangkan

Pertama, pertimbangkan fitur apa saja yang mampu diberikan. Sebagai contoh, kemampuan integrasi dengan sistem perusahaan seperti CRM, ERP, dan platform lainnya.

Umumnya, pelanggan akan menggunakan bahasa sehari-hari saat ketika berkomunikasi, termasuk saat bertransaksi. Karena itu, sangat penting memilih chatbot dengan NLP canggih dan memiliki kemampuan multibahasa.

Chatbot WhatsApp juga seharusnya mampu memberikan balasan yang bisa dipersonalisasi berdasarkan data pelanggan dan riwayat interaksi sebelumnya.

Terakhir, pastikan bahwa chatbot ini menyediakan alat analitik melacak kinerja dan memberikan data kepada Anda, sehingga data ini dapat ditindaklanjuti dengan strategi serta inovasi ke depan.

  • Value yang Sesuai Harga

Pemilihan chatbot WhatsApp yang tepat sering dianggap sebagai investasi untuk mendapatkan respon dan konversi yang lebih baik. Karena itu, Anda perlu membandingkan beberapa biaya, seperti biaya langganan bulanan atau tahunan dari berbagai penyedia.

Pertimbangkan juga biaya tambahan bila menggunakan fitur premium, atau ketika volume interaksi bisnis Anda sedang tinggi, serta untuk integrasi khusus sesuai kebutuhan.

Pastikan bahwa chatbot dapat dikembangkan seiring pertumbuhan bisnis Anda. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi, seperti dukungan pelanggan, pembaruan, dan pelatihan pengguna.

  • Implementasi Chatbot WhatsApp



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x