Kompas TV advertorial
advertorial

Wapres dan Kemenkes Apresiasi Nakes Teladan dan Berprestasi 2024

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 11:30 WIB
wapres-dan-kemenkes-apresiasi-nakes-teladan-dan-berprestasi-2024
Wapres RI K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menkes RI Budi Gunadi Sadikin mengadakan audiensi dengan Tenaga Medis, Tenaga Kesehatan Teladan, dan Kader Berprestasi Tahun 2024 pada Kamis (15/8). (Sumber: Dok. Setwapres RI)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengadakan audiensi dengan Tenaga Medis, Tenaga Kesehatan Teladan, dan Kader Berprestasi Tahun 2024 pada Kamis (15/8).

Selain Menkes, turut hadir Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, dan Staf Khusus (Stafsus) Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir.

Stafsus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Stafsus Wapres Bidang Umum Masykuri Abdillah, Stafsus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M. Imam Aziz juga terlihat mendampingi Wapres.

Audiensi ini dilaksanakan di Istana Wapres, JI. Medan Merdeka Selatan No. 6, Jakarta Pusat. Menkes Budi menyampaikan, para penerima penghargaan ini merupakan tenaga medis dan tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, bidan, hingga ahli lab dari seluruh penjuru Indonesia. 

Budi mengatakan, mereka merupakan sosok berjasa yang telah banyak menghabiskan waktu di pelosok Indonesia maupun luar negeri untuk memberikan layanan kesehatan dan mengabdi kepada masyarakat, serta mengharumkan nama bangsa dan negara.

Pada sambutannya, Wapres mengapresiasi para tenaga profesional di bidang kesehatan karena telah mengabdi dan memberikan pelayanan yang luar biasa kepada masyarakat.

Menurut Wapres, penghargaan yang diterima merupakan pengakuan negara terhadap prestasi mereka. 

Penghargaan tersebut, tambah Wapres, penting dan patut untuk diberikan kepada setiap warga negara yang berprestasi.

Melalui penghargaan dan apresiasi, penerimanya akan menjadi lebih giat dan maksimal dalam melakukan pekerjaan, termasuk para nakes dalam melayani masyarakat.

“Itu untuk memberikan motivasi, mendorong supaya lebih keras lagi bekerja di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, supaya lebih semangat lagi,” kata Wapres.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi: Udara di IKN Bersih Bikin Usia Nambah Minimal 10 Tahun

Lebih jauh, Wapres menyampaikan bahwa dewasa ini masyarakat semakin kritis terhadap kesehatan. Jadi, para nakes harus lebih bisa mengedukasi serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Tidak hanya itu, ia juga membahas terbatasnya sumber daya manusia (SDM) di dunia kesehatan.

Karena itu, Wapres berharap agar seluruh tenaga medis maupun tenaga kesehatan senantiasa bekerja, mengabdi, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal.

“Pelayanan (kesehatan), ke depan itu menuntut kita lebih. Tuntutan masyarakat itu makin hari makin tinggi. Jadi, kita harus bisa memberikan pelayanan yang lebih,” imbau Wapres.

Wapres juga membahas penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang kini sudah mencapai 98 persen sehingga memperoleh penghargaan dari Lembaga Internasional.

Wapres mengatakan, meskipun hal tersebut merupakan prestasi luar biasa dan dianggap berhasil, tetap harus ditingkatkan pelayanannya. 

Kendati demikian, ia menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan telah menyediakan dan menyiapkan berbagai alat-alat medis yang akan dibagikan ke seluruh pelosok di Tanah Air.

“Nah ini Pak Menteri Kesehatan ini sudah menyiapkan alat-alat [seperti] Monografi. Semua nanti akan sampai ke daerah. Nah tahun ini akan diberikan alat-alat yang banyak sampai ke daerah,” papar Wapres.

Selanjutnya, Wapres meminta agar tenaga medis dan tenaga kesehatan tidak hanya memberikan pengobatan, tapi juga mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk mencegah diri dari penyakit serta memiliki pola hidup yang sehat.

Adapun salah satu caranya dengan menghindari diri dari mengonsumsi makanan yang tidak sehat. 

Terakhir, Wapres menyampaikan, mengayomi dan memberikan pelayanan kesehatan merupakan tugas bersama.

Tugas mulia tersebut, sambungnya, tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya pengabdian yang diusahakan dari generasi ke generasi.  

Tahun ini, tema yang diusung yaitu Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Teladan serta Kader Berprestasi Mengabdi untuk Negeri, Menuju Indonesia Emas Tahun 2045. (Sumber: Dok. Setwapres RI)

Perwakilan Nakes Teladan dan Berprestasi 2024 Sampaikan Keluhan ke Wapres dan Menkes

Penganugerahan Penghargaan Bagi Tenaga Medis, Tenaga Kesehatan Teladan dan Kader Berprestasi yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan di Hotel Swissotel Jakarta PIK Avenue berlangsung sejak 12 hingga 17 Agustus 2024.

Sebagai informasi, ajang apresiasi ini merupakan agenda rutin tahunan Kementerian Kesehatan sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan atas prestasi, kontribusi, dan pengabdian dalam pelayanan kesehatan di pelosok negeri, serta mendorong keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan.

Hal ini telah diatur dan tertuang dalam UU Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x