> >

Komitmen Sektor Transportasi Indonesia Menurunkan Emisi Karbon Lewat Mobil Listrik

Advertorial | 19 Mei 2023, 09:52 WIB
Pemerintah mulai bergerak menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik berbasis baterai.  (Sumber: Dok. Antara News)

KOMPAS.TV - Penurunan emisi nol karbon demi mencegah dampak terburuk pada perubahan iklim menjadi salah satu agenda utama negara-negara dunia, termasuk Indonesia. 

Indonesia menduduki urutan ke-17 kota paling berpolusi di dunia, dengan mayoritas sumbangan polusi udara dari sektor transportasi. 

Berbagai langkah telah dirancang dan dilaksanakan pemerintah Indonesia, seperti mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

Komitmen kuat pemerintah Indonesia dalam mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di tanah air telah dibuktikan dengan berbagai cara. 

Pemerintah mulai bergerak menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik berbasis baterai. 

Transformasi tersebut diharapkan dapat lebih ramah lingkungan seraya penurunan emisi nol karbon sebagai wujud mencegah dampak buruk perubahan iklim.

Di sisi lain, juga untuk menurunkan beban anggaran pendapatan dan belanja negara APBN dalam menopang subsidi bahan bakar minyak BBM.

Pemerintah mulai melarang ekspor bijih nikel hingga bahan baku mineral lain demi mendorong nilai tambah di dalam negeri, seraya membangun industri baterai kendaraan listrik melalui Indonesia Battery Corporation IBC. 

Pemerintah pun menggerakan para pelaku usaha agar masyarakat mendapatkan kemudahan mengonversi kendaraan berbahan bakar fosil menjadi kendaraan berbahan bakar listrik yang terdapat di sejumlah bengkel konversi.

Sementara itu, pemerintah melalui PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) juga menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik di sejumlah titik.

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU