> >

B20 Summit India, UMKM Perlu Akses Pendanaan dan Teknologi untuk Percepat Transisi Energi

Advertorial | 25 Agustus 2023, 15:50 WIB
Dalam presentasinya di forum BNEF, di New Delhi 24 Agustus 2023, Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia. (Sumber: Dok. Pertamina)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Transisi energi di Indonesia harus melibatkan UMKM yang memiliki porsi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Untuk itu, perlu ada akses terhadap pendanaan dan teknologi agar UMKM dapat maksimal menjalankan perannya sebagai penyedia kebutuhan masyarakat dan lapangan pekerjaan agar masyarakat pedesaan bisa meningkatkan pendapatannya. 

Dalam presentasinya di forum BNEF, di New Delhi 24 Agustus 2023, Senior Vice President Research & Technology Innovation Pertamina Oki Muraza mengatakan, pentingnya keterlibatan UMKM dalam transisi energi di Indonesia.

Oki menambahkan, peran masyarakat diperlukan dalam penyediaan bahan baku yang dibutuhkan untuk pengembangan energi low carbon.

Jadi, dalam proses tersebut akan berlangsung Job Creation yang bisa dinikmati masyarakat sekaligus korporasi juga mendapatkan manfaat dari karbon kreditnya.

“Tantangannya adalah akses terhadap capital atau pendanaan dan akses terhadap teknologi kepada UMKM agar mereka dapat maksimal memainkan perannya dalam transisi energi dengan memberikan keuntungan kepada masyarakat dan korporasi,” kata Oki. 

Karena itu, kata Oki sebagai negara berkembang yang memiliki banyak sumber daya alam yang berlimpah di dalam negeri, Indonesia mendorong agar negara maju dapat memberikan arus pendanaan ke negara berkembang.

Dengan begitu, negara berkembang bisa mengembangkan teknologi dan implementasinya dengan bantuan dari negara-negara maju yang memiliki dana.

Baca Juga: Makin Ekspansif, Pertamina Perkuat Kerjasama Strategis di Mozambik

Menurut Oki, daat ini dunia memiliki gap dalam perekonomian antara negara sangat maju dengan negara berkembang.

Penulis : Adv-Team

Sumber : Kompas TV


TERBARU