> >

Dirut Garuda Targetkan Negosiasi Utang Selesai Tahun Ini

Bumn | 21 Juni 2021, 22:54 WIB
Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya akan selesai melakukan negosiasi utang tahun ini. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menargetkan, pihaknya akan selesai melakukan negosiasi utang Garuda yang berjumlah Rp70 triliun tahun ini.

Irfan membeberkan target itu dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI DPR RI bersama PT Garuda, Senin (21/6/2021).

Awalnya, anggota Komisi VI DPR Nusron Wahid menanyakan kejelasan kapan masalah utang Garuda selesai.

Baca Juga: Kesulitan Keuangan, Garuda Indonesia Tunda Bayar Kupon Sukuk Global

“Pada satu sisi negosiasi dengan lessor (perusahaan yang menyewakan pesawat pada Garuda). Sisi lain adalah negosiasi utang lama. Itu kira-kira sampai kapan selesai? Supaya saya itu bisa tidur nyenyak karena Garuda masih hidup,” kata Nusron dalam siaran di kanal Youtube DPR RI.

“Perhitungan kita proses negosiasi lewat PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) atau tidak lewat PKPU, kita tidak bisa lagi lewat dari tahun ini. Ini yang kita targetkan bersama internal,” jawab Irfan.

Irfan mengatakan, pihaknya akan mengajukan proposal dengan konsekuensi finansial. Salah satunya adalah opsi mengganti utang kepada para lessor dengan hak kepemilikan aset Garuda.

“Proposal itu membutuhkan dukungan politik dari DPR. Kami mohon izin untuk bisa merepresentasikan proposal itu terlebih dahulu kepada anggota Komisi VI DPR,” ujar Irfan.

“Oke, jelas. Ketua, saya usul sampai bulan Desember (2021) kita enggak usah rapat lagi dengan Garuda. Kita tunggu Januari (2022),” balas Nusron.

Baca Juga: Eks Dirut Garuda Divonis Satu Tahun Penjara dan Denda Rp300 Juta Atas Kasus Penyelundupan

Penulis : Ahmad Zuhad Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU