> >

Waduh! Jokowi Ungkap Anggaran Rp266 Triliun Belum Terserap oleh Pemda

Kebijakan | 24 November 2021, 10:55 WIB
Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). Jokowi menyebut ratusan triliunan rupiah belum terserap oleh Pemda. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap anggaran Rp266 triliun belum terserap oleh pemerintah daerah (Pemda).

Angka tersebut justru naik jika mengacu pada data bulan Oktober yang berada di angka Rp170 Triliun.

“Para gubernur, bupati, wali kota, tadi pagi saya cek ke menteri keuangan masih ada berapa uang yang ada di bank? Ini sudah akhir November tinggal sebulan lagi (ternyata) tidak turun angkanya justru naik,” ucap Jokowi saat peresmian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi Tahun 2021, Rabu (24/11/2021), dikutip dari Antara.

“Saya sudah peringatkan di Oktober seingat saya Rp170 (triliun), ini justru naik jadi Rp226 triliun,”

Presiden Jokowi mengaku bingung dengan logika kepala daerah dalam mengelola anggaran yang telah disiapkan.

Baca Juga: Kata Petani soal Keberadaan Bendungan Karalloe yang Diresmikan Presiden Jokowi

“Ini perlu saya peringatkan. Loh uang kita sendiri tidak digunakan kok ngejar-ngejar orang lain untuk uangnya masuk. Logikanya enggak kena,” ujarnya.

“Uang kita sendiri dihabiskan, realisasikan segera, habis, waduh sudah tidak ada APBD, baru mencari investor untuk datang, logika ekonominya seperti itu.”

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyebutkan bahwa saat ini telah terjadi defisit APBN mencapai Rp548 triliun.

“Sebagian APBN itu ditranfer ke daerah sebanyak Rp642 triliun, baik ke provinsi, kabupaten, kota, uangnya ada di APBD bapak ibu semua, ada di APBD provinsi, APBD kota, APBD kabupaten artinya itu uang yang siap Rp642 triliun,” jelas Jokowi.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU