> >

Sosok Ali Sadikin, Mantan Gubernur DKI yang Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Ekonomi dan bisnis | 25 Januari 2022, 13:02 WIB
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat dioperasikan secara menyeluruh pada Juni 2022. (Sumber: Kompas TV/Ant)

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang mulai dibuka hari ini, Selasa (25/1/2022), diganti namanya menjadi Tol Ali Sadikin. Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu mengatakan, hal itu berdasarkan keinginan dari warga Sumedang.

"Ada aspirasi dari masyarakat Sumedang, agar dinamai Jalan Tol ALI SADIKIN, tokoh kebanggaan Jawa Barat asal Sumedang yang pernah jadi Gubernur DKI Jakarta. Cc @donyahmad.munir," tulis Emil dalam unggahan di akun Instagramnya, @ridwankamil, dikutip Selasa (25/1/2022).

Dony Ahmad Munir adalah Bupati Sumedang yang saat ini menjabat.

Tol Cisumdawu Seksi 1 sepanjang 11,4 km dari Cileunyi-Pamulihan, sudah diresmikan pada Senin (24/1) kemarin. Selama 2 minggu ke depan, tol tersebut masih gratis untuk masyarakat.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Beroperasi Mulai Hari Ini, Gratis Selama 2 Minggu

"Ada exit Jatinangor, sehingga bagi mahasiswa/dosen yang akan hilir mudik ke beragam Kampus disana, tentulah sangat dimudahkan," kata Emil.

"Bulan Juni 2022 ini Insya Allah seluruhnya akan selesai sehingga bisa tembus sampai Bandara Kertajati. Aamiin," ujarnya.

Sosok Ali Sadikin sendiri merupakan Gubernur DKI Jakarta 1966-1977. Ia dipilih dan dilantik oleh Presiden Soekarno. Kepemimpinan Ali Sadikin di Ibu Kota membawa banyak kemajuan bagi Jakarta.

Namun ada sejumlah kebijakannya yang menuai kontroversi. Di antaranya adalah pemungutan pajak judi. Mengutip Kompas.com, berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1957, pemerintah daerah diperbolehkan untuk memungut pajak atas izin perjudian.

Baca Juga: Ridwan Kamil Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi Menyeluruh hingga Bandara Kertajati Juni

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber :


TERBARU