> >

Dapat Limpahan Penerbangan Bandara Halim, Trafik Soekarno-Hatta Meningkat

Ekonomi dan bisnis | 11 Februari 2022, 11:10 WIB
Proses revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma (11/2/2022). (Sumber: Antara )

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Angkasa Pura II menyatakan, seluruh penerbangan yang pindah dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno Hatta berjalan lancar.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan sejak 26 Januari hingga 10 Februari 2022 seluruh penerbangan yang pindah ke Bandara Soekarno-Hatta dapat dijalankan tanpa kendala.

Trafik penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta pun naik sebesar 2 persen. 

“Selama sekitar 2 minggu, Bandara Soekarno-Hatta rata-rata setiap harinya melayani 9 penerbangan niaga berjadwal yang sebelumnya dilakukan di Bandara Halim Perdanakusuma," kata Awaluddin seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/2/2022).

"Operasional berjalan sangat lancar, termasuk terkait ketersediaan slot time, parking stand pesawat, pengaturan boarding gate dan juga aktivitas ground handling,” katanya.

Baca Juga: Pemerintah Tunjuk 3 BUMN Garap Revitalisasi Bandara Halim Senilai Rp600 M

Maskapai niaga berjadwal yang pindah ke Bandara Soekarno-Hatta adalah Citilink beroperasi di Terminal 3, serta Batik Air beroperasi di Terminal 2.

Nomor penerbangan Batik Air yang berpindah operasi dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta dikonfirmasi sebanyak 12 nomor penerbangan (Flight Number), sementara Citilink sebanyak 10 nomor penerbangan.

Awaluddin menyampaikan, maskapai juga mengoptimalkan sejumlah rute penerbangan sejalan dengan perpindahan penerbangan ini.

“Misalnya ada satu maskapai mengoperasikan rute yang sama di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta seperti Jakarta - Surabaya. Sejalan dengan perpindahan penerbangan ke Soekarno-Hatta, maka maskapai dapat semakin optimal melakukan pengaturan penerbangan,” tuturnya.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU