> >

Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing, Kirim Barang dari Bekasi ke Priok Cuma 30 Menit

Ekonomi dan bisnis | 20 September 2022, 10:27 WIB
Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1. Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (Sumber: Biro Setpres )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1. Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Gabus, Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan 2 ruas tol tersebut bisa mempermudah distribusi produk hasil industri dan membantu mengurai kemacetan di DKI Jakarta.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi I yang segera bisa kita operasionalkan," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dengan panjang 27,2 km Tol Cibitung-Cilincing punya arti penting dalam mobilitas barang dari kawasan industri menuju pelabuhan untuk dikirim ke berbagai wilayah. Hal itu pada akhirnya akan memperkuat ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan, Kementerian PUPR: Petugas Sudah Ingatkan Warga Tak Bakar Lahan

"Dari kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan logistik di Karawang dan Bekasi. Sehingga akan sangat cepat dengan Jalan Tol Cibitung-Cilincing diantarkan ke pelabuhan di wilayah Jakarta Utara," tutur Jokowi.

 

"Inilah yang nantinya akan mempermudah mobilitas barang dan memperkuat daya saing ekspor Indonesia," tambahnya.

Jokowi menyampaikan, Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) atau Tol Lingkar Luar Jakarta Seksi 2. Sedangkan untuk Tol JORR 2 keseluruhan, ditargetkan bisa selesai pada akhir 2023.

"Kita harapkan, JORR 2 akan rampung selesai 100 persen pada akhir 2023," ujarnya.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber :


TERBARU