> >

Hati-hati, Google Ungkap Ponsel Samsung dan Vivo Mudah Diretas Hanya dengan Nomor HP

Ekonomi dan bisnis | 20 Maret 2023, 05:58 WIB
Ilustrasi. Google memperingatkan pemilik ponsel bermerek Samsung, Pixel, dan Vivo, jika perangkat mereka bisa diretas dengan mudah. Yakni hanya dengan mengetahui nomor telepon. (Sumber: Samsung)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perusahaan teknologi asal AS, Google, memperingatkan pemilik ponsel bermerek Samsung, Pixel, dan Vivo bahwa perangkat mereka bisa diretas dengan mudah. Yakni hanya dengan mengetahui nomor telepon.

Mengutip dari Antara, Minggu (19/3/2023), Project Zero, tim pakar dan analis keamanan siber internal Google, menjelaskan setidaknya ada 18 potensi eksploitasi data yang dapat digunakan seseorang untuk meretas ponsel yang menggunakan modem Samsung Exynos.

"Eksploitasi ini sangat parah, sehingga harus diperlakukan sebagai kerentanan zero-day (menunjukkan bahwa mereka harus segera diperbaiki)," tulis laporan tim Project Zero.

Pada empat eksploitasi, penyerang hanya perlu memiliki nomor telepon pengguna untuk mendapatkan akses ke data yang mengalir masuk dan keluar dari modem perangkat, seperti panggilan telepon dan pesan teks.

Sedangkan 14 eksploitasi lainnya kurang mengkhawatirkan, karena membutuhkan lebih banyak upaya untuk mengekspos kerentanan perangkat.

Baca Juga: Daftar Harga Samsung Galaxy A Series di Awal 2023

Penyerang akan memerlukan akses ke perangkat secara lokal atau ke sistem operator seluler.

Samsung sudah mengakui kerentanan tersebut dan mengatakan telah merilis pembaruan keamanan untuk perangkat yang mungkin terpengaruh, menyarankan pemilik untuk memperbarui ke sistem operasi terbaru agar tetap terlindungi.

"Setelah menentukan enam kerentanan yang berpotensi memengaruhi beberapa perangkat Galaxy, Samsung merilis tambalan keamanan pada bulan Maret," kata pihak Samsung.

Pemilik perangkat yang terpengaruh harus meng-install pembaruan keamanan terbaru sesegera mungkin. Perlu diketahui tiap perusahaan ponsel memiliki tanggal rilis tambalan perangkat lunak yang berbeda.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU