> >

Kisah Aneh bin Ajaib, Sapi Bisa Berbicara

Cerita | 13 April 2022, 09:30 WIB
Foto Ilustrasi. Nenek bernama Khim Hang bersama sapi yang dipercaya sebagai reinkarnasi mendiang suaminya. Kisah di bawah ini diceritakan Nabi, seekor sapi bisa bicara. Kok Bisa? (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagaimana ceritanya seekor sapi bisa bicara? Tentu saja ini kisah ini merupakan hal yang begitu ajaib dan sulit untuk dinalar. 

Kisah sapi bisa bisa bicara ini ternyata adalah peristiwa yang benar-benar terjadi. Kisah ini sendiri diceritakan langsung oleh Rasulullah berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah.

Abu Hurairah sendiri merupakan sahabat dekat Nabi yang nama aslinya adalah Abdullah bin Shakr. Nama Abu Hurairah adalah pemberian Nabi Muhammad sebab ia gemar memelihara kucing. Hurairah adalah kucing, sedangkan Abu artinya bapak.  

Kisah sapi bisa berbicara ini yang diriwayatkan Abu Harairah ini termaktub dalam Sahih Bukhari, kitab utama yang jadi rujukan umat Islam terkait hadis Nabi. Begini kisahnya:

Dari Abu Hurairah RA dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dahulu, ada seorang lelaki berjalan sembari menunggangi seekor sapi miliknya. (dan dia pun memukuli/mencambukinya).

Maka sapi itu pun menoleh kepadanya dan berkata, ‘Aku diciptakan bukan untuk diperlakukan seperti ini. Akan tetapi aku diciptakan untuk bercocok tanam.’.”

Maka orang-orang pun berkomentar, “Subhanallah, dengan perasaan heran dan kaget, sapi bisa berbicara?” 

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku mengimani -meyakini kebenaran- hal itu, demikian juga Abu Bakar dan Umar.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: 11 Ramadan, Kisah Wafatnya Khadijah Istri Nabi Muhammad

Itulah kisah seekor sapi bisa bicara yang dikisahkan Rasulullah. Konteks Nabi mengisahkan peristiwa itu adalah ketika berbicara soal menghargai binatang dan bagaimana menempatkan sesuatu dengan tepat, termasuk urusan dengan binatang.  

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU