> >

Cerita Kakek 62 Tahun Mudik Pakai Sepeda, Tempuh 400 KM Jakarta-Kebumen

Cerita | 29 April 2022, 09:03 WIB
Salikun Angel (62), seorang lansia dari Jakarta yang nekat mudik ke Kebumen, Jawa Tengah menggunakan sepeda. (Sumber: Tribun Jateng)

BEKASI, KOMPAS.TV - Setelah dua tahun diterjang pandemi Covid-19 dan diberlakukan PPKM, akhirnya pemerintah memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk mudik Lebaran pada tahun ini.

Tak heran jika mudik Lebaran 2022 disambut antusias, terlihat dari naiknya intensitas kendaraan di beberapa ruas jalan.

Kesempatan ini juga tidak dilewatkan oleh Salikun Angel, kakek berusia 62 tahun yang mudik menggunakan sepeda dari Jakarta ke Kebumen, Jawa Tengah.

Salikun yang bertempat tinggal di Asem Baris, Tebet, Jakarta Selatan memang memilih mudik ke kampung halamannya di Kebumen menggunakan sepeda. 

Baca Juga: Gara-Gara Hobi, Pemudik Ini Pilih Mudik dengan Sepeda ke Semarang dari Indramayu

Salikun pun harus menempuh 400 kilometer (km) dengan mengayuh sepedanya selama 4 hari untuk bisa sampai ke Kebumen.

"Sampai Kebumen kira-kira tiga hari, tapi mungkin bisa lebih karena saya biasa singgah di rumah teman, sekarang aja sudah banyak yang hubungin buat diajak mampir," kata Salikun, melansir Tribun Jateng, Kamis (28/4).

Berbagai persiapan pun dilakukannya sebelum berangkat guna kelancaran di jalan.

Ia terlihat membawa berbagai barang, seperti ban cadangan, selang air, baju ganti, rompi reflektif, pompa ban, tempat minum hingga kompor portabel. 

Salikun Angel, kakek yang nekat mudik pakai sepeda sudah melakukan tradisi unik ini selama 10 tahun. (Sumber: Kompas.com)

"Semua kebutuhan sudah dipersiapkan untuk jaga-jaga selama perjalanan," ungkapnya.

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Tribun Jateng


TERBARU