> >

Heru Budi Sebut Rumah DP 0 Persen di Jaktim Tak Boleh Disewakan, Janji Lakukan Penertiban

Ekonomi dan bisnis | 22 Juni 2023, 12:09 WIB
Ilustrasi rumah DP 0 persen. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan, akan menertibkan penyewaan rumah DP0 rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang seharusnya  tidak untuk disewakan. (Sumber: Nuansa-cilangkap.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan, akan menertibkan penyewaan rumah DP 0 rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, yang seharusnya tidak untuk disewakan.

"Ya, sesuai aturan dong. Ditertibkan," kata Heru seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/6/2023). 

Heru menginstruksikan kepada Dinas Perumahan DKI, untuk menindaklanjuti penyewaan rumah DP 0 rupiah yang dibuat khususnya untuk kalangan milenial.

"Itu (harus ditindak) di Dinas Perumahan, kan DP 0 itu supaya warga bisa mendapatkan rumah terjangkau, para milenial yang belum dapat rumah bisa dapat rumah," ujar Heru.

Baca Juga: Sri Mulyani Teken Aturan Baru Rumah Subsidi, Gaji UMR Tetap Bisa Punya Rumah

Menurut Heru, rumah DP 0 rupiah tersebut bisa disewakan bukan karena pengawasan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI lemah. Pemilik DP 0 rupiah itu juga harus punya kesadaran sendiri.

"Enggak itu (pengawasan lemah) saja, tapi yang punya rumah juga harus sadar. Itu untuk dirinya supaya bisa punya rumah," tuturnya. 

Sebelumnya, beredar di media sosial video rekomendasi sewa apartemen murah di Jakarta Timur seharga Rp1 juta per bulan tanpa biaya Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) di sebuah bangunan bertingkat di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. 

Video ini sempat diunggah di reels sebuah akun Instagram namun kini unggahan telah dihapus.

Baca Juga: Tercatat di LHKPN Punya Kekayaan Rp26 M, Gibran Ngaku Masih Utang KPR 15 Tahun Belum Lunas

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU