> >

Besok Jokowi Jajal Kereta Cepat, KCIC: Uji Coba Lancar-Bangunan Aman Pasca Kebakaran Stasiun Halim

Ekonomi dan bisnis | 12 September 2023, 10:02 WIB
Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tetap berjalan, pasca kebakaran yang terjadi di atap Stasiun Halim pada Senin (11/9/2023) dini hari. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi direncanakan menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung pada besok Rabu (13/9/2023). Hal itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Sebelum beroperasi pada 1 Oktober 2023, Bapak Presiden Joko Widodo akan mencoba kereta cepat pada 13 September," ucap Budi Karya dalam keterangan resminya, Minggu (10/9).

Meski pun ada kejadian terbakarnya atap stasiun Halim pada Senin (11/9/2023), tidak menghalang laju kereta ini.

Pihak Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tetap berjalan sesuai rencana pada Senin kemarin. 

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, uji coba kereta cepat tetap dilakukan meski ada insiden kebakaran. Yaitu dari Stasiun Tegalluar hingga ke Halim dan sebaliknya sesuai jadwal. Uji coba pun berjalan lancar. 

"Seluruh sarana dan prasarana KA Cepat dari Tegalluar hingga ke Halim tetap dapat beroperasi sesuai jadwal uji coba yang telah ditetapkan dan berlangsung aman tanpa kendala," kata Eva dalam siaran persnya, Senin (11/9).

Baca Juga: Update Kebakaran Kantor Kereta Cepat Halim Perdanakusuma, Sumber Api Masih Diinvestigasi

Eva menegaskan, tidak ada kerusakan yang terjadi di area dalam maupun luar Stasiun Halim pasca kebakaran. 

"KCIC memastikan bahwa saat ini seluruh fungsi fasilitas stasiun juga dapat berfungsi dangan baik dan seluruh pegawai dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan guna persiapan menuju operasional KA Cepat agar dapat dilakukan sesuai tahapan yang ditetapkan," tuturnya. 

KCIC juga telah berkordinasi dengan WIKA sebagai kontraktor dan Pemadam Kebakaran Jakarta Timur untuk melakukan penanganan dan situasi dapat dikendalikan dengan baik. 

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber :


TERBARU