> >

Cara Cek BI Checking Sendiri di idebku.ojk.go.id, Simak Dampaknya pada Kesempatan Kerja

Ekonomi dan bisnis | 9 Januari 2024, 12:46 WIB
Halaman depan situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan BI Checking di debku.ojk.go.id/Public/HomePage. (Sumber: OJK)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bank Indonesia Checking, atau yang lebih dikenal dengan BI Checking, adalah proses pengecekan riwayat kredit yang dilakukan dalam Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia.

Prosedur ini sangat vital karena skor BI Checking yang tidak memuaskan dapat berdampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit.

Skor ini menjadi indikator bagi pihak-pihak yang berkepentingan, seperti lembaga keuangan atau perusahaan, untuk mengevaluasi seberapa layak dan dapat dipercaya seseorang dalam hal pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Dibahas dalam Debat Capres, Jokowi Sebut Utang RI Masih Sesuai UU dan Lebih Rendah dari Tetangga

Isu mengenai skor BI Checking yang buruk sempat menjadi bahasan ramai khususnya terkait dampaknya dalam proses rekrutmen kerja.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, dalam pernyataannya mengungkapkan bahwa beberapa perusahaan mempertimbangkan rekam jejak pinjaman calon karyawan melalui BI Checking.

 

"Bisa saja perusahaan memerlukan BI Checking kandidat untuk dijadikan pertimbangan bahwa kandidat memiliki rekam jejak pinjaman. Namun itu kewenangan dari perusahaan yang akan merekrut," ujar Anwar, Jumat (18/8/2023) sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Meski Dilarang Terbang Kemenhub, Lion Air Pastikan Boeing 737-9 MAX Milik Mereka Aman

Meskipun ini bukan praktik umum di semua perusahaan, namun menjadi faktor pertimbangan bagi beberapa perusahaan tertentu.

Cara Cek Skor BI Checking Sendiri di idebku.ojk.go.id

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU