> >

Jasa Marga Siapkan 4 Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran 2024, Ada Tol Japek II dan Tol Jogja-Solo

Ekonomi dan bisnis | 22 Maret 2024, 03:45 WIB
PT Jasa Marga Tbk. Menyiapkan sejumlah jalur fungsional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. (Sumber: Jasa Marga )

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Jasa Marga Tbk. menyiapkan sejumlah jalur fungsional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan jalan tol fungsional yang disiapkan di antaranya yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo), dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

“Untuk Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu s.d Ngawen sepanjang 22,3 km dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 km). Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo," kata Lisye dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (21/3/2024). 

Ia menerangkan, jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00-17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024) serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Sementara untuk jalur fungsional Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 km.

Jalur tersebut dioperasikan secara situasional sesuai diskresi kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik.

Baca Juga: KAI Ingatkan soal Larangan Merokok dalam Kereta, Pelanggar Akan Diturunkan di Stasiun Terdekat

"Tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujarnya. 

Selain itu, Jasa Marga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai KM 210+190 (sepanjang ± 2,04 km) serta akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakata maupun arah Bandung.

"Jasa Marga mengimbau para pengguna jalan tol agar memperhatikan aspek kesiapan perjalanan, seperti memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan dibarengi dengan mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi)," tutur Lisye. 

Penulis : Dina Karina Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : KOMPAS TV


TERBARU