> >

Tarif Listrik Tak Naik di Triwulan III 2024, Ini Rinciannya Berlaku per 1 Juli

Ekonomi dan bisnis | 30 Juni 2024, 07:30 WIB
Tarif listrik PLN per 1 Juli 2024. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan tarif listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi untuk triwulan III 2024 atau Juli, Agustus, dan September.

Tarif listrik selama tiga bulan ke depan ditetapkan tidak naik sehingga masih sama dengan tarif listrik pada triwulan II atau April, Mei, dan Juni 2024.

Direktur Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu mengatakan tarif listrik triwulan III tidak naik untuk menjaga daya saing industri serta menjaga inflasi.

Baca Juga: Polisi Tangkap 2 Pencuri Kabel Tembaga PLN, Negara Rugi Puluhan Juta Rupiah!

Jisman menjelaskan, tarif listrik untuk pelanggan nonsubsidi ditetapkan setiap tiga bulan sekali. Hal tersebut sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016 jo. Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2023.

Penyesuaian tarif listrik bagi 13 golongan pelanggan nonsubsidi mengacu pada perubahan  realisasi parameter ekonomi makro, yakni kurs, Indonesian Crude Price (ICP), inflasi, serta Harga Batubara Acuan (HBA).

“Berdasarkan empat parameter (kurs, ICP, inflasi dan HBA) seharusnya penyesuaian tarif tenaga listrik atau tariff adjustment bagi 13 golongan pelanggan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya,” ujarnya, Jumat (28/6/2024), dikutip dari laman Kementerian ESDM.

“Namun untuk menjaga daya saing dan mengendalikan inflasi, pemerintah memutuskan tarif listrik tetap atau tidak naik," tambahnya.

Menurut regulasi tersebut, parameter ekonomi makro yang digunakan untuk penetapan tarif listrik triwulan III 2024 adalah realisasi pada Februari, Maret, dan April 2024.

Parameter tersebut terdiri dari kurs sebesar Rp15.822,65/dollar AS, ICP sebesar 83,83 dolar AS/barrel, inflasi sebesar 0,38 persen, dan HBA sebesar 70 dolar AS/ton sesuai kebijakan domestic market obligation (DMO) Batubara.

Penulis : Ade Indra Kusuma Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV, Kompas.com


TERBARU