> >

Kalender Jawa Oktober 2023 Lengkap dengan Weton dan Penanggalan Hijriah

Seni budaya | 1 Oktober 2023, 07:52 WIB
Ilustrasi kalender Jawa. Berikut kalender Jawa Oktober 2023. (Sumber: Tribun Manado)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut kalender Jawa bulan Oktober 2023 yang dilengkapi dengan weton dan sistem penanggalan hijriah.

Sebagai informasi, kalender Jawa adalah sistem penanggalan yang awalnya digunakan secara resmi oleh Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan pecahannya. Hingga kini, kalender Jawa masih digunakan oleh sebagian besar masyarakat Jawa.

Biasanya kalender Jawa digunakan untuk menghitung atau menentukan hari baik pernikahan, membaca perwatakan maupun peruntungan.

Baca Juga: Hari Batik Nasional 2 Oktober Apakah Tanggal Merah? Simak Sisa Libur Nasional 2023

Sama halnya dengan kalender Masehi, kalender Jawa juga memiliki 12 bulan. Siklus yang masih dipakai sampai saat ini adalah saptawara (siklus tujuh hari) dan pancawara (siklus lima hari).

Saptawara merupakan siklus tujuh hari yang bersamaan dengan siklus mingguan dalam kalender Masehi, yaitu Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu.

Adapun pancawara terdiri atas Kliwon (Kasih), Legi (Manis), Pahing (Jenar), Pon (Palguna), dan Wage (Cemengan). Pancawara juga biasa disebut sebagai pasaran.

Sementara weton adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti hari kelahiran. Weton Jawa dihitung dengan menggabungkan hari dalam seminggu dengan lima hari pasaran Jawa.

Saat berbicara tentang weton, seseorang akan ditanya hari apa dia lahir, dan bertepatan hari pasaran apa dia lahir. Sehingga akan muncul keterangan weton Senin Pahing, Jumat Kliwon, Sabtu Pon, dan seterusnya.

Berikut kalender Jawa Oktober 2023, dikutip dari Sonora.id, Minggu (1/10/2023).

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV, Sonora.id, Gramedia.com


TERBARU