> >

Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Aktivitas 'Me Time' yang Berkualitas

Tips, trik, dan tutorial | 11 Oktober 2021, 14:22 WIB
Ilustrasi me time. (Sumber: Freepik/lifeforstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Me time adalah upaya sadar untuk meluangkan waktu mengisi ulang energi dalam tubuh.

Manusia memang makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-harinya, namun terkadang kita juga membutuhkan waktu untuk benar-benar secara khusus ditujukan untuk diri kita sendiri.

Me time memiliki segudang manfaat baik, khususnya bagi kesehatan mental. Memiliki waktu untuk diri sendiri memberikan kita kesempatan untuk melepaskan diri dari tekanan sosial.

Baca Juga: Suka Menunda Pekerjaan Ternyata Ada Istilahnya, Yuk Kenali Prokrastinasi

Jika kamu merasa bingung tentang aktivitas apa yang harus dilakukan untuk mengisi waktu me time, berikut beberapa rekomendasinya, dirangkum dari Health Shots, Senin (11/10/2021).

1. Menulis jurnal

Menulis jurnal tentang diri sendiri membantu kita untuk lebih memahami diri dan keterbatasan akan sesuatu. Menulis juga menjadi salah satu bagian dari introspeksi ini agar kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Kamu bisa menulis berbagai hal dalam jurnal tersebut, termasuk impian, harapan akan masa depan, atau mungkin kelemahan yang harus diakui.

2. Membuat daftar syukur

Acapkali kita lupa bahwa besyukur sangat berpengaruh dengan kesehatan mental kita. Kita lupa bahwa hal-hal baik sekecil apapun mampu mengubah hari yang buruk menjadi hari yang indah.

Cobalah untuk membuat daftar syukur agar pikiran kita senantiasa positif dengan mengingat bahwa hidup tidak seburuh seperti yang kita pikirkan.

Baca Juga: Perlu Diketahui, 5 Cara Ini Dapat Atasi Serangan Panik dengan Cepat

3. Memelihara hubungan baik

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Health Shots


TERBARU