> >

7 Masalah Umum Anak Malas Makan dan Cara Mengatasinya

Tips, trik, dan tutorial | 30 November 2021, 16:18 WIB
Ilustrasi. Masalah menyusui atau memberi makan pada bayi dapat berkisar dari semprotan ludah yang tiba-tiba, noda wortel di rambut, hingga penolakan untuk makan. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Memiliki seorang bayi yang imut dan lucu tentu menyenangkan bagi orang tua. Tapi, tak jarang bayi enggan memakan makanan yang disediakan.

Dilansir WebMD, masalah menyusui atau memberi makan pada bayi dapat berkisar dari semprotan ludah yang tiba-tiba, noda wortel di rambut, hingga penolakan untuk makan.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah, santai. Meskipun rintangan menyusui membuat frustrasi, jika bayi Anda tumbuh dan berkembang secara normal, biasanya tidak ada alasan untuk khawatir.

7 Masalah Umum Menyusui Bayi

1. Menolak Makanan

Bayi menolak makanan karena berbagai alasan. Mereka mungkin kenyang, lelah, terganggu, atau sakit. Mungkin jadwal makan bayi bukanlah jadwal makan Anda.

Jangan khawatir, bayi akan selalu makan jika mereka lapar, jadi jika si kecil memukul sendok, berpaling, atau menutup mulutnya, mereka memberi tahu Anda bahwa mereka sudah cukup untuk saat ini.

Pastikan saja bayi Anda diberi makan makanan sehat dan junk food tidak membuatnya kenyang lebih awal.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Jenis Kelamin Bayi Sesuai Keinginan, Fakta atau Mitos?

Cobalah untuk percaya bahwa bayi Anda tahu berapa banyak makanan yang mereka butuhkan, dan jangan pernah memaksa memberi makan anak Anda, sebab itu dapat mengubah waktu makan menjadi waktu berkelahi.

2. Menghindari Makanan Baru

Hampir setiap anak melewati periode penolakan makanan baru. Untungnya, sebagian besar anak tumbuh dari fase ini, meskipun kadang-kadang bisa memakan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan.

Bantu bayi Anda menerima makanan baru lebih mudah dengan memastikan makanan baru terlihat mirip dengan makanan favorit yang sudah dikenalnya, misalnya wortel yang dihaluskan dan ubi jalar yang dihaluskan, atau ubi yang dihaluskan.

Kemudian, mulai dengan porsi yang sangat kecil, dengan lembut tawarkan makanan baru kepada anak Anda tiga kali selama makan. Jika mereka menolak, jangan bereaksi berlebihan; hanya beralih ke sesuatu yang Anda tahu mereka suka. Cobalah menawarkan makanan yang sama pada waktu makan yang lain.

3. Bayi Rewel

Ini keluhan banyak orang tua, bayi saya pemilih makanan.

Ada banyak alasan bayi mungkin rewel tentang makanan. Mereka mungkin sedang tumbuh gigi, lelah, belum siap untuk makanan padat, atau tidak membutuhkan makanan sebanyak yang Anda berikan.

Makanan yang familiar memberi bayi Anda kenyamanan di saat-saat yang penuh tekanan dan sibuk. Meskipun pilih-pilih makan mungkin bertahan beberapa saat, itu jarang bertahan lama.

4. Tersedak

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU